Pages

Tuesday, July 30, 2019

Embat Batre Alat Berat dan Bawa Sabu, Ian Hadapi Hukuman Berat

PALI, SININEWS.COM - Nasib Apes dialami Ahmad Mediansyah alias Ian (19) warga Dusun III Desa Benakat Miyak Kacamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), karena setelah tertangkap tangan menggasak dua buah batre alat berat, didapati juga mengantongi satu paket sabu-sabu yang disimpan dalam saku celananya.

Tentu saja, akibat aksi nekatnya ini, Ian terancam hukuman berat dengan dijerat dua pasal sekaligus, yakni pasal 363 KUHP dan pasal 112 junto pasal 127 UU no 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Dijelaskan Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Okto Iwan disampaikan Kanit Reskrim Ipda M Arafah bahwa aksi Ian dalam melakukan pencurian accu atau batre alat berat jenis ekskavator milik PT KIM yang terparkir di pinggir jalan Desa Simpang Solar dibantu satu rekannya, Mustar Dandi (18) warga desa yang sama dengan Ian.

"Saat penangkapan dua pelaku ini karena adanya laporan PK alat tersebut pada Minggu (28/7) sekitar pukul 22.00 WIB, yang melaporkan adanya kehilangan dua batre alat berat. Kemudian kita langsung ke TKP," ungkap Arafah, Selasa (30/7).

Setelah ditelusuri, pada Senin (29/7) sekitar pukul 01.00 WIB, Kanit Reskrim Talang Ubi mendapati satu unit sepeda motor yang tengah rusak dipinggir jalan dan menemukan dua buah batre yang hilang tidak jauh dari sepeda motor tersebut.

"Karena mencurigakan, kita periksa sepeda motor itu yang dikendarai dua remaja. Lalu kita geledah dan ditemukan batre yang hilang serta dalam saku celana Ian, salah satu pelaku didapati satu paket kecil sabu-sabu," tukas Arafah.

Saat penangkapan dua pelaku, diamankan juga barang bukti berupa 2 (dua) buah accu atau batre, 1 (satu) buah kunci inggris , 1 (satu) unit motor L2 super warna merah putih dan satu paket kecil serbuk putih diduga sabu-sabu dengan berat 0,34 gram.


Sementara dari pengakuan Ian bahwa tidak ada niat sebelumnya untuk mencuri batre alat berat yang terparkir. Namun karena ada kesempatan akibat alat berat tersebut tidak ada yang menjaga, niat itu muncul terlebih menemukan kunci inggris disekitar alat berat.

"Kami ambil batre itu dengan kunci inggris, lalu kami bawa menggunakan sepeda motor milik Mustar. Namun apes, belum jauh dari lokasi, rantai sepeda motor putus. Rencana batre itu dijual untuk beli sabu," aku Ian. (sn)

0 komentar:

Post a Comment