Pages

Tuesday, July 30, 2019

Layani KIA, Disdukcapil PALI Datangi Sekolah-sekolah

PALI,SININEWS.COM -  Genjot anak miliki identitas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sambangi sekolah-sekolah dalam wilayah Bumi Serepat Serasan untuk berikan pelayanan perekaman dan pencetakkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dikatakan Rismaliza, Kepala Disdukcapil PALI bahwa kegiatan jemput bola tersebut terus dilakukan agar seluruh anak dari usia 0 sampai dengan usia 17 tahun memiliki identitas. 

"KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP. Sesuai Permendagri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami hal yang tidak diinginkan," ungkap Rismaliza, Selasa (30/7).

Tak hanya itu dijelaskan Rismaliza bahwa KIA juga bermanfaat untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi.

"Untuk itulah kita giat lakukan jemput bola, seperti belum lama ini kita datangi SMP PGRI Tempirai. Perekaman serta pencetakan KIA langsung dilakukan di tempat," tukasnya. 

Selain lalukan jemput bola, Rismaliza juga menyebut bahwa pihaknya gencar lalukan sosialisasi dan mengajak masyarakat yang mempunyai anak namun belum miliki KIA untuk mengurusnya. 

"Kantor kita juga terbuka selama jam kerja setiap hari meski hari libur untuk lalukan pelayanan KIA. Pada jemput bola pelayanan KIA, kita juga lakukan pendataan akte kelahiran bagi pelajar," pungkasnya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment