Pages

Tuesday, July 30, 2019

Gelar Sidak, Dinas Pertanian Temukan Hewan Cacat Dijual Pedagang?

PRABUMULIH, SININEWS.COM - Jelang hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian kota Prabumulih gelar sidak kesejumlah tempat penjualan hewan di Kota Prabumulih. 

Sidak dilakukan guna memastikan hewan-hewan kurban yang masuk ke Kota Prabumulih dalam keadaan sehat alias aman dari penyakit seperti antraks ataupun jembrana.

Selain itu, petugas juga melakukan pengecekkan kelengkapan surat pedagang. Hewan-hewan kurban yang hendak dijual haruslah memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan dokter setempat. 

Kepala Dinas Pertanian Drs Syamsurizal SP MSi melalui Sekertaris Bambang Purnomo mengatakan sidak hewan kurban rutin dilakukan menjelang hari raya kurban. 

Nah, untuk sidak kali ini pihaknya tidak menemukan hewan kurban berpenyakit yang dijual oleh para pedagang. "sebelum-sebelumnya juga tidak ada ditemukan hewan yang dijual terkena penyakit," ujarnya.

Selain melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban, kata Bambang, pihaknya pun memeriksa kelengkapan surat pedagang. 

"Pedagang hewan kurban haruslah memiliki SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan)," ungkapnya. 

Bambang menghimbau warga juga harus senantiasa teliti dalam memilih hewan kurban dan jangan sekali-sekali beli hewan kurban ke pedagang yang belum ada sertifikatnya. 

"Jangan sampai hewan kurban yang dibeli tidak memenuhi syarat untuk berkurban," tuturnya.

0 komentar:

Post a Comment