Pages

Tuesday, July 16, 2019

Mahasiswa Bakal Demo, Tapi Banyak Tokoh Dukung Program Transmigrasi di PALI

PALI, SININEWS.COM - Direncanakan pagi ini, Selasa (16/7) Himpunan Mahasiswa PALI (HIMAPALI) bakal menggelar aksi damai mempertanyakan program transmigrasi yang direncanakan berlokasi di Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten PALI.

Namun aksi tersebut mendapat beragam tanggapan dari berbagai elemen masyarakat, salahsatunya tokoh muda Lematang Aka Cholik Darlin.

Menurut Aka Cholik, sebelum melakukan aksi, sebaiknya mahasiswa agar mengkaji secara akademis serta mencari tahu titik masalah dari bawah.

"Misalkan survei langsung ke masyarakat Desa Tempirai yang menerima dampak langsung program tersebut," saran Aka Cholik disampaikan via whatsapp, Selasa (16/7).

Karena dijelaskan Aka Cholik bahwa program transmigrasi bisa meningkatkan SDM PALI yang efesien.

"Adanya program transmigrasi di Tempirai adalah langkah positif yang dilakukan pemerintah, karena ini adalah keinginan masyarakat lokal yaitu warga desa Tempirai sejak lama, jadi hal ini sudah ada sinkronisasi dengan baik," jelasnya. 

Dari pengamatan Aka Cholik bahwa sampai saat ini, baik lisan maupun tertulis belum ada protes dari Ormas Tempirai bahkan kepala Desa atau BPD Tempirai yang terdengar. 

"Karena masyarakat Lematang adalah ikatan keluarga yang erat dengan Tempirai, jadi kami memantau perkembangan program transmigrasi tersebut," tambah Ketum Fakar Lematang itu. 

Aka Cholik berharap kepada pemerintah untuk terus kejar target agar transmigrasi cepat terwujud karena program ini sangat efesien dan berdampak pada SDM lokal cara bercocok tanam.

"Nantinya bakal ada perbauran antara transmigran lokal dan dari luar daerah, yang mana mereka nanti akan saling melengkapi. Jadi menanggapi program transmigrasi, secara pribadi saya sangat mendukung penuh program ini," tutupnya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment