Pages

Tuesday, July 30, 2019

Permintaan Hewan Kurban Meningkat

MUARA ENIM, SININEWS.COM – Dua pekan menjelangLebaran Idul Adha 1440 H permintaan hewan kurban meningkat. Salah satunya tempat penjualan hewan kurban (Barokah Group)  yang berlokasi di Pelita Sari, Kelurahan Pasar I Muara Enim, sebanyak 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing sudah terjual.

Ucin Kelana Putra (40), pengurus hewan kurban mengatakan, untuk harga sapi bervariasi mulai dari harga Rp13 juta sampai Rp16 juta. Sedangkan untuk harga kambing Rp2,5 juta sampai Rp3 juta. “Untuk harga bervariasi. Dikadang kita ada dua jenis sapi yakni  Bali dan lokal,” ujar Ucin saat disambangi di kandang ternak Barokah Group, Selasa (30/7).

Animo pembeli hewan kurban, kata dia, mengalami peningkatan jika dibandingkan Idul Adha tahun lalu.  “Alhamdulilah Idul Adha tahun ini meningkat sekitar 40 persen dari tahun lalu. Ini terjadi karena permintaan banyak dari masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, meski harga ternak sapi menjelang Idul Adha meningkat, tapi permintaan ternak ini dari masyarakat masih tinggi untuk keperluan kurban. “Sampai sekarang sudah terjual sebanyak 30 ekor sapi dan 30 ekor kambing. Saya optimistis stok sapi masih tersisa ini akan habis terjual karena Hari Raya Idul Adha masih dua pekan lagi, sehingga masih ada waktu untuk memasarkan ternak tersebut,” ujarnya.

Untuk hewan kurban yang dijual, dirinya menjami berkualitas. Sebab, kata dia, kandang ternak yang ia kelola bekerja sama dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan. 

“Hewan kurban yang kita dijual sudah diperiksa oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan. Setiap waktu ternak kita diperiksa dan dinyatakan tidak layak dikurbankan,” terangnya.

0 komentar:

Post a Comment