Pages

Wednesday, July 24, 2019

Review Kemenkes, Empat Rumah Sakit di Kota Ini Turun Kelas


TANGERANG, SININEWS.COM - Dari hasil review Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berimbas empat rumah sakit yang ada di Kota Tangerang beralih tipe jadi menurun, terdiri dari dua rumah sakit dari tipe semula B ke tipe C dan dua rumah sakit dari tipe C menjadi tipe D. 

Atas hasil tersebut, dikabarkan empat rumah sakit bersangkutan mengajukan keberatan terhadap hasil review itu. 

Hal itu diketahui ketika media ini menyambangi ruang kerja Sudarto, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kota Tangerang, Rabu (24/7).

"Mereka punya hak mengajukan keberatan setelah dalam 28 hari review dikeluarkan. Keberatan langsung dilayangkan ke Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes. Setelah 14 hari, keberatan itu di proses. kalau dokumen kuat, kemungkinan tipe rumah sakit itu akan kembali seperti semula. Tapi kalau tidak kuat ya apa boleh buat," terang Sudarto.

Diakui Sudarto bahwa sebelumnya pihak Kemenkes telah mengeluarkan surat edaran. Dimana edaran itu harus diisi pihak rumah sakit secara online terkait sarana dan prasarana hingga SDM yang dimiliki rumah sakit bersangkutan. 

"Setelah itu, edaran yang telah diisi pihak rumah sakit diverifikasi dan hasilnya ada dua rumah sakit berubah tipe dari B ke C, dan dua rumah sakit dari tipe C ke D. Atas hasil review itu, kami telah berkoordinasi dengan Persatuan Rumah Sakit agar rumah sakit bersangkutan melakukan perbaikan supaya hasil review bisa berubah. Siapa tahu tidak jadi turun tipenya," tutup Sudarto. 

Adapun rumah sakit yang dimaksud adalah Rumah Sakit Sari Asih Karawaci yang sebelumnya tipe B beralih ke C, Rumah Sakit Mayapada yang sebelumnya B beralih ke C.

Kemudian Rumah Sakit Sari Asih Sangiang yang sebelumnya tipe C beralih ke D, dan Rumah Sakit Aqidah dari C ke D. Data tersebut bersumber dari surat edaran Dirjen Kemenkes. (sn/yogi)

0 komentar:

Post a Comment