Beruntung Lahir di HUT RI ke-74, Disdukcapil PALI Beri Kado Istimewa Terhadap Bayi Ini

PALI, SININEWS.COM - Tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-74 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) memberikan kado istimewa terhadap pasangan Anugerah Indra Bangsawan dan Monica Dwi Puspita warga jalan Pelita Kelurahan Talang Ubi Timur yang telah melahirkan seorang putri yang diberi nama Khawla Gladys Queendra di rumah salah satu bidan di Kecamatan Talang Ubi.

Dikatakan Rismaliza, Kepala Disdukcapil PALI bahwa pemberian kado istimewa memang rutin diberikan Pemerintah Kabupaten PALI melalui Disdukcapil saat ada warga yang melahirkan dikala hari keramat atau momen HUT kemerdekaan RI.

"Disaat momen-momen besar, seperti HUT RI, HUT PALI dan lainnya kita berikan penghargaan terhadap warga yang melahirkan atau berulang tahun," ungkap Rismaliza, Minggu (18/8).

Meski bukan pada momen hari besar, pelaporan kelahiran wajib dilakukan masyarakat agar anak yang baru lahir bisa langsung terdata sesuai Undang-undang  no 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU no 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

"Diterangkan pada pasal 27 (1), setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada instansi pelaksana setempat paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran dan berdasarkan laporan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pejabat pencatatan sipil mencatat pada register akta kelahiran dan menerbitkan kutipan akta kelahiran," jelas Rismaliza.

Untuk meningkatkan pelayanan pelaporan kelahiran agar mudah diakses, diakui Rismaliza pihaknya meluncurkan program Sagarurung Keli Salai atau Siaga urusan penting melalui aplikasi sampai selesai.

"Dimana program ini merupakan salah satu inovasi pelayanan Disdukcapil Kabupaten PALI agar setiap pelaporan cepat diakses. Tentu saja, program ini perlu dukungan dan kerjasama semua elemen untuk bersama-sama melaporkan secepatnya setiap kelahiran menuju PALI tertib administrasi kependudukan," tutupnya.(sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts