Pages

Thursday, August 1, 2019

Imbas Debu Tambang, Warga Terserang Ispa, PT BA Lakukan Pengobatan Gratis

MUARA ENIM,SININEWS.COM - Musim kemarau yang telah berlangsung satu bulan lebih, membuat kegiatan penambangan batubara Bangko Barat milik PT BA Tbk Tanjung Enim yang jaraknya sekitar 600 meter dari pemukiman warga RT 14, Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, mulai berdampak buruk pada kesehatan masyarakat setempat.

Soalnya debu kegiatan penambangan batubara tersebut, pada berterbangan dibawa angin mengarah ke pemukiman warga. Akibatnya Warga yang bermukiman di RT 14 tersebut,  mulai terserang sakit Inpeksi Saluran Pernapasan (Ispa).

Kondisi itu membuat manajemen PT BA Tbk Tanjung Enim mengambil tindakan cepat dengan melakukan pengobatan gratis kepada warga di RT 14 tersebut. Pengobatan itu dipusatkan di teras masjid Al-Fatah, RT 14, Desa Tegal Rejo.

“Jadi pengobatan gratis yang dilakukan PT BA hari ini, sebagai kompensasi atas debu batubara tambang Bangko Barat ini yang diduga membuat warga mulai terserang sakit Ispa,” jelas Akmal, salah seorang warga, Rabu (31/7).

Sementara itu, Arlis, Bina Lingkungan PT BA, yang ditemui di lokasi pengobatan gratis mengatakan, pengobatan gratis Ispa yang dilakukan PT BA di RT 14, Desa Tegal Rejo dua kali dalam satu minggu yakni pada hari Rabu dan Kamis.

“Pengobatan gratis ini merupakan program CSR PT BA bekerja sama dengan rumah sakit Medhika Bukit Asam,” jelasnya.

Menurutnya, pengobatan gratis tersebut diprioritaskan untuk warga ring satu. Sebelumnya pihaknya telah mengadakan kegiatan pengobatan gratis di Bedeng Obak, Desa Lingga, RT 5, Mandala, RT 26  Keban Agung, Desa Tanjung Raja, Karang Raja.

“Untuk pengobatan gratis yang kita lakukan di RT 14 Tegal Rejo hari ini, sudah lebih dari 50 orang  warga yang berobat, rata rata keluhannya Ispa,” jelasnya.

Dia tidak menampik, warga yang terserang Ispa, kemungkinan besar akibat debu tambang batubara yang terbang dibawa angin mengarah ke pemukiman warga. Karena saat ini kondisinya musim kemarau, sehingga debu tersebut sangat mudah terbang dibawa angin.

“Saat ini upaya yang dilakukan PT BA selain mengadakan pengobatan gratis kepada warga, juga melakukan penyiraman dilokasi tambang supaya debunya tidak mudah terbang dibawa angin,” jelasnya.(sn) 

0 komentar:

Post a Comment