Pages

Tuesday, September 17, 2019

Bongkar Ratusan Lapak PKL di Pasar Inpres, Pedagang : Kami Cuma Cari Makan Pak

PRABUMULIH, SININEWS.COM - Ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang berada di pasar Inpres tepatnya di jalan Andalas Kelurahan Pasar I Kecamatan Timur Kota Prabumulih ditertibkan oleh UPTD Pasar Pemerintah Kota Prabumulih. 

Lapak tersebut merupakan milik para pedagang yang telah terdaftar sebagai penghuni di Pasar Tradisional Modern (PTM) II. 

Kepala UPTD Pasar Prabumulih Taufik Hidayah mengatakan penertiban 112 lapak pedagang dilakukan lantaran para pedagang ini tidak mengindahkan imbauan untuk pindah ke PTM II. Padahal imbauan untuk mengkosongkan lahan lapak tersebut sudah disampaikan setelah hari raya Idul Fitri.  

"Sudah kami imbau sampai tiga kali. Pertama habis lebaran idul fitri, kedua habis lebaran idul adha hingga kemarin tahun ajaran baru anak-anak sekolah sampai saat ini masih bertahan di tempat ini," ujarnya.

Mengenai kekhawatiran para pedagang terkait sepinya pembeli di PTM I maupun PTM II, Taufik menuturkan itu terjadi lantaran masih adanya pedagang yang berjualan diluar gedung pasar.  

"Selain itu, mungkin faktor turunnya harga karet dan sawit dipasaran. Jadi mau ke pasar juga takut karna ada sebagian bahan yang naik harganya," tuturnya.

Diterangkan Taufik, saat ini lapak pedagang di PTM I maupun PTM II sudah hampir terisi semua. Mulai dari Penjahit, toko pakaian, toko kelontongan dan manisan sudah menempati lapak yang telah disediakan. 

"Hanya saja pedagang kaki lima yang belum menempati lapaknya sehingga terpaksa petugas melakukan penertiban dengan cara pembongkaran," terangnya.

Sementara, Wati salah satu pedagang mengaku diperbolehkan berjualannamun lapak yang ditempati harus mundur sehingga tidak mengganggu arus kendaraan yang melintas dikawasan tersebut. 

"Kami hanya berjualan untuk cari makan pak, kondisi sekarang pasar sepi pembeli. Jangankan mau perbaiki lapak dapat pelaris saja belum," keluhnya.

Dari pantauan, proses penertiban lapak pedagang dilakukan pukul 09.00 wib (17/9) pagi dengan mendapat pengawalan ketat dari tim gabungan Polri, TNI, Pol, Satpol PP, serta UPTD Pasar Prabumulih.

Penertiban lapak pedagang ini akan berlangsung selama lima hari di lokasi berbeda yakni dikawasan Jalan M Yamin dan Jalan Buntu belakang pasar. 

0 komentar:

Post a Comment