Pages

Tuesday, September 17, 2019

Imbas Kebakaran Lahan, 11.653 Balita di PALI Kena ISPA

PALI,SININEWS.COM - Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyebut ada 11.653 warga Bumi Serepat Serasan terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat asap yang timbul dari kebakaran lahan yang saat ini masih saja terjadi.

Dari jumlah 11.653 tersebut, ada 131 warga masuk rumah sakit yang harus mendapatkan perawatan intensif.

Data warga terkena ISPA disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan, Mudakir, Selasa (17/9). Menurut Mudakir bahwa jumlah warga yang terkena ISPA dari bulan Januari sampai Agustus tahun 2019.

"Untuk bulan Agustus saja, ada 1.948 warga terkena ISPA, 25 diantaranya masuk RSUD PALI," terang Mudakir.

Diakuinya bahwa kebanyakan pengidap ISPA adalah Balita. "Rata-rata Balita, yang mengeluh sesak napas dan batuk-batuk," tukasnya.

Untuk penanggulangan penyakit ISPA, Mudakir menjelaskan bahwa Dinkes telah membagikan sedikitnya 5.000 masker di lima Kecamatan.

"Kita akan bagikan terus masker, terutama di daerah yang terjadi kebakaran lahan. Selain 5.000 masker yang telah dibagikan, kita juga memberikan tambahan di Kecamatan Abab sebanyak 2.000 masker, sebab wilayah tersebut merupakan daerah terparah alami kebakaran lahan," jabarnya.

Terpisah, Emilya, Camat Abab, mengaku bahwa wilayahnya memang saat ini terdampak asap. "Terutama saat pagi dan menjelang sore, asap lumayan pekat dan mengganggu pernapasan. Tetapi pemerintah telah membagikan masker. Dan kami himbau kepada masyarakat Abab, apabila ada warga yang alami sesak napas atau terkena iritasi mata, untuk secepatnya datang ke Puskesmas atau bidan desa terdekat," kata Emilya.(sn) 

0 komentar:

Post a Comment