INTEGRITAS SEBAGAI PONDASI IDENTITAS SEORANG PENGAWAS PEMILU

SININEWS.COM - Pemilu sebagai arena pertarungan politik membutuhkan posisi penyelenggara pemilu yang independen, berintegritas dan profesional. Integritas memiliki peran penting mengingat pemilu juga memerlukan penyelenggara yang jujur, adil dan demokratis. Pada sisi yang  lain  kejujuran pemilu merupakan modal utama menghadirkan pemilu yang dipercaya publik. Persoalannya siapa yang paling utama harus berintegritas dalam pemilu?.

Para ahli banyak memberikan pengertian terhadap integritas (Integrity) salah satunya adalah pendapat Butler dalam Wasesa (2011:48) mengkonsepsikan “integritas sebagai sebuah reputasi, dalam konteks organisasi seseorang dapat dipercaya karena kejujurannya.”  

Integritas berasal dari kata latin “integrate” yang artinya memberi tempat dalam suatu keseluruhan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas berarti mutu, sifat atau keaadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Bilamana sikap integritas telah dimiliki dan menjadi pondasi seorang pengawas pemilu, maka sikap tersebut merupakan identitas/karakter bagi individu pengawas. 

Identitas berasal dari bahasa Inggris, yaitu "identity" yang artinya ciri-ciri, tanda-tanda,atau jati diri. Sedangkan menurut Arnold Dashefsky, Jati diri adalah ciri-ciri yang melekat pada diri seseorang atau kelompok.

Sebuah Lembaga/ Organisasi juga harus mempunyai Jati diri, Begitu juga dengan Badan Pengawas Pemilu mempunyai Jati diri yang harus dimunculkan sehingga tampak integritas dan profesionalitas sebagai lembaga pengawasan dalam menjalankan amanah yang tertuang dalam undang-undang. Jati diri Pengawas Pemilu dapat diartikan sebagai suatu kekuatan yang dimiliki Badan Pengawas Pemilu yang ada didalam Bawaslu itu sendiri, sebagai identitas, karakter atau ciri bawaslu yang menjadi modal dasar untuk membangun suatu kelembagaan. Soliditas, Integritas, Mentalitas dan Profesionalitas (SIMP) harus tertanam dalam jiwa seorang Pengawas  Pemilu sehingga membentuk Jati Dirinya.

Soliditas dapat dimaknai bagaimana setiap individu anggota pengawas dapat menjaga kesolidan dengan sadar , bahwa kita adalah teamwork yang sama, sehingga terjalin komunikasi, koordinasi yang baik antara sesama anggota, berdiskusi dan peka terhadap persoalan yang dihadapi anggota yang lain sehingga persoalan dan kendala yang dihadapi dapat diselesaikan. Dengan demikian kita akan menjadi suatu kekuatan yang kokoh dalam menjalankan tugas bila soliditas ini terbangun dengan baik.

Integritas merupakan prinsip yang mendasar dalam pelaksanaan tugas kita, dimana prilaku dan tindakan kita sama dan konsisten. Dalam melaksanakan tugas seorang pengawas sesuai dengan asas dan prinsip kepemiluan dan peraturan yang ada, tidak tergoda dengan bujukan atau rayuan pihak-pihak  yang sedang dalam perkara melakukan pelanggaran, tetap menegakkan aturan yang ada sesuai peraturan perundangan- undangan Pemilu.

Mentalitas seorang pengawas pemilu dalam kondisi apapun harus memiliki mental yang kuat terhadap tekanan pihak-pihak yang mencederai proses demokrasi dengan melakukan pelanggaran ketentuan yang ada, pengawas juga harus teguh pendirian dalam menjalankan tugas dan kebenaran sebuah proses. Ketika dilapangan maupun dalam penyelesaian perkara yang sedang dijalani kita juga harus kuat terhadap tekanan yang mengarah sikap merusak mental dan integritas kita sebagai seorang Pengawas.

Profesionalitas sebagai pengawas pemilu harus tertanam dalam jiwa seorang pengawas, karena sebagai lembaga pengawasan harus mampu memahami dan bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu juga dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan harus jelas sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah diatur serta  ditetapkan undang-undang, sehingga menghasilkan kinerja yang efektif, berkualitas dan terukur.

Oleh Basrul, S.AP
Koordiv SDM, Organisasi dan Datin Bawaslu Kabupaten PALI

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts