Pages

Tuesday, September 17, 2019

Koordinasi Dengan Antar Semua Pihak

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Menjelang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019 di kabupaten Muara Enim. Pemkab Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Camat se-kabupaten Muara Enim, seluruh Panitia Pilkades, BPD, dan Kades di 102 desa yang melaksanakan Pilkades mengadakan Rapat koordinasi, Selasa (17/09) di Aula Bina Desa DPMD Muara Enim.

Kepala Dinas DPMD Muara Enim Emran Tabrani dalam Rapat koordinasi itu menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan beberapa tahapan Pilkades serentak tersebut guna suksesnya Pilkades serentak tahun 2019 ini.

"Ada empat tahap yang dilakukan didalam pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 ini yaitu mengadakan Sosialisasi terhadap BPD, Kades, dan Panitia yang merupakan rangkaiaan dari Persiapan Pemilihan diantaranya, kemudian Pembentukan Panitia, Pengajuan anggaran ke bupati Muara Enim, dan Pelaksanaan Pemilihan dilaksanakan serentak pada 26 September 2019 mendatang di 102 pada 18 kecamatan yang ada di kabupaten Muara Enim," terang Emran.

Masih kata Emran pada pegelaran Pilkades serentak yang ketiga kalinya di kabupaten Muara Enim ini terdapat 401 calon kepala desa yang ikut serta dari 18 kecamatan yang ada di kabupatrn Muara Enim.


"Pilkades serentak tahun 2019 ini terdapat 737 Panitia pemilihan dengan dibantu 5 orang panitia disetiap TPS yang ada dengan jumlah TPS masing-masing desa minimal 2 TPS," lanjut Emran.

Sementara itu Kapolres Muara Enim diwakili oleh Iptu. Fatahullah menyampaikan bahwa pihak kepolisian bekerja sama dengan TNI melaksanakan tugas didalan melakukan pengamanan Pilkades serentak ini.

"Saya selaku wakil dari Kapolres Muara Enim menyampaikan pesan beliau bahwa Polri benerjasama dengan TNI siap mengamankan dan mengawal rangkaian Pilkades serentak 2019 ini dan kami berpesan kepada Panitia agar bekerja sesuai aturan dan tatacara yang telah terstruktur dalam sebuah mekanisme. Maka itu ikutilah mekanisme itu agar Pilkades ini berjalan aman, damai, tentram, dan lancar sehingga suksesnya Pilkades ini karena kesuksesan atau tidaknya Pilkades ini ada di Panitia Pilkades," ungkapnya.

Sedangkan Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kabupaten Muara Enim telah tiga kali melaksanakan Pilkades serentak ini yang dimulai pada tahun 2015 dilakukan di 86 desa, kemudian tahun 2017 di 37 desa, dan tahun 2019 ini diikuti oleh 102 desa.

"Ini adalah pelaksanan Pilkades serentak yang ketiga kalinya dan terbanyak sepanjang pelaksanan pilkades serentak yang diadakan di tahun 2015 dan 2017 maka dari itu, Suhu politik dan dinamika politik akan memanas sehingga dapat menyebabkan potensi konflik, baik berupa intimidasi terhadap panitia calon, maupun konflik sosial di masyarakat. Mak dari itu kita berpesan kepada Panitia agar dapat netral dan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku," pesan Juarsyah..

Kemudian Juarsyah juga berpesan kepada panitia dan pihak keamanan agar jangan ragu didalam mengambil keputusan dan selalu tetap berkoordinasi bersama pihak yang memahami terkait Pilkades ini.

"Jangan sampai mengambil jalan pintas jika ada keraguan didalam mengambil suatu keputusan agar dapat berkooirdinasi dengan pihak terkait dan laksanakan tugas ini dengan penuh iklhas, secara profesional, serta bangun sinergitas kepada semua pihak terkait, dan tindak tegas terhadap semua yang melakukan pelanggaran yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat," pungkasnya.

Perlu diketahui, pelaksanaan Rakor ini Pemkab Muara Enim melalui DPMD bekerjasama dengan Polres Muara Enim telah melaksanakan Drklarasi Damai Siap Kalah dan Siap Menang di halaman Pemkab Muata Enim dengan diikuti oleh Calon kepala desa, Ketua panitia, ketua BPD, Linmas, dan Kades di 102 desa yang melaksanakan Pilkades dan dihadiri oleh unsur Forkompimda, dan SKPD di lingkup Pemkab Muara Enim.

0 komentar:

Post a Comment