Pages

Sunday, September 22, 2019

Sekda Geram, BPBD PALI Sibuk Padamkan Api Proteksindo Malah Cuek

PALI,SININEWS.COM - Kebakaran lahan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) masih saja terjadi bahkan semakin meluas. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, pada Minggu (22/9) terpantau ada 32 titik api tersebar di lima kecamatan, dan terparah ada di Kecamatan Abab.

Namun ditengah sibuknya tim terpadu penanggulangan Karhutlah yang dipimpin BPBD PALI, ada yang membuat dongkol Sekda PALI Syahron Nazil.

Sebab, saat dirinya turun ke lokasi kebakaran belum lama ini yang terjadi di lahan perkebunan kelapa sawit PT Proteksindo di Kecamatan Penukal Utara, malah perusahaan itu cuek dan tidak ada itikad untuk membantu BPBD yang tengah berjibaku memadamkan api.

"Ya, saya sesalkan sikap pihak Proteksindo yang terkesan cuek dalam menangani kebakaran lahan, padalah lokasi kejadian masih diareal mereka," kata Sekda.

Diakui Sekda bahwa kebakaran lahan di Kabupaten PALI memang masih terjadi dan upaya pemerintah melalui BPBD, Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran serta TNI dan Polisi terus tanpa lelah bergelut menaklukan api.

"Bukan hanya berupaya menaklukkan api, tetapi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), Pemkab PALI juga membagikan ribuan masker kepada masyarakat untuk mengantisipasi asap yang timbul akibat kebakaran lahan," tukasnya.

Sekda juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat dan perusahaan agar pro aktif dalam menanggulangi kebakaran lahan dan mencegah kembalinya api.

"Kebakaran lahan adalah tugas kita bersama untuk mencegah dan apabila sudah terjadi, kita berkewajiban membantu melakukan pemadaman. Pihak perusahaan juga harus menggerakkan karyawan serta peralatan yang dimiliki agar bencana kebakaran ini bisa diatasi," harap Sekda.

Terpisah, Junaidi Anuar, Kepala BPBD PALI menyebutkan bahwa pihaknya pada Minggu (22/9) melakukan pengecekan ke masing-masing titik dan segera melakukan pemadaman.

Disebutkan Junaidi bahwa titik api terpantau di Kecamatan  Abab ada12 titik mendominasi di wilayah Desa Pengabuan.

Kemudian di kecamatan Tanah Abang  ada 8 titik, berada di wilayah Desa Modong. Selanjutnya di Kecamatan Penukal ada 1 titik berada di wilayah Desa Air Itam.

Kecamatan Penukal Utara  ada 9 Titik di wilayah Desa Tempirai dan Kecamatan Talang Ubi  terpantau ada 2 titik api di wilayah Desa Suka Maju.

"Titik api pada hari Minggu ada 32 titik, kendala kami lokasi dan sumber air jauh, sulit dijangkau serta petugas juga peralatan kita terbatas. Namun demikian, kita terus berupaya memadamkan api dan kita bertekad pantang pulang sebelum api padam," tandas Junaidi. (sn) 

0 komentar:

Post a Comment