Asap Pekat Selimuti PALI


PALI,SININEWS.COM -  Kebakaran lahan kian menjadi beberapa hari terakhir ini, akibatnya asap pekat mulai selimuti hampir seluruh wilayah Bumi Serepat Serasan sejak Minggu (13/10) menjelang malam sampai Senin pagi (14/10).

Warga pun mengeluhkan hal itu, sebab akibat asap tersebut selain mengganggu aktivitas juga mengintai kesehatan warga.

"Mata perih dan sesak napas tentu kami rasakan sejak kemarin sore," keluh Yupantri, salah satu warga Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, Senin (14/10).

Yupantri juga mengecam warga yang sengaja membakar lahan demi kepentingan pribadi. "Asap muncul karena ada api, dan tidak mungkin api datang sendiri, pasti ada kesengajaan. Kami doakan meski tidak tertangkap tangan oleh pihak berwajib, tapi balasan setimpal pasti dirasakan pelakunya karena sudah membuat susah orang banyak," tandas Yupantri.

Sementara itu, Junaidi Anuar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI menyebutkan pada Minggu (13/10) titik api terdeteksi ada 20 titik, dimana paling banyak ada di Kecamatan Abab.

"Kemarin kita sampai malam untuk lakukan pemadaman, titik api paling banyak di Kecamatan Abab yakni ada 7 titik, dimana 5 titik diantaranya ada di wilayah Desa Tanjung Kurung," terang Junaidi.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, Mudakir pihaknya bakal segera membagikan masker untuk antisipasi ISPA.

"Yang paling terdampak asap adalah wilayah Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara, Desa Air Itam Kecamatan Penukal, Desa Pengabuan, Tanjung Kurung dan Betung. Kita akan kerahkan petugas puskesmas untuk bagikan masker," kata Mudakir. (sn) 
Share:

2 comments:

  1. Ya kami sebagai warga abab alamat Desa Batu Tugu, telah merasakan yang sama dari Minggu sore sampai Senin hari ini Desa kami telah diselimuti asap yang pekat sekali jangankan mata perih napaspun semakin sesak.. kami mohon kepada pihak PEMKAB PALI, tolong cepat ambil tindakan dikarenakan kalau ini semakin berlarut-larut pasti akan menimbulkan Penyakit.. dan sekali lagi kami mohon perhatiannya. Pak

    ReplyDelete
  2. Ya kami sebagai warga abab alamat Desa Batu Tugu, telah merasakan yang sama dari Minggu sore sampai Senin hari ini Desa kami telah diselimuti asap yang pekat sekali jangankan mata perih napaspun semakin sesak.. kami mohon kepada pihak PEMKAB PALI, tolong cepat ambil tindakan dikarenakan kalau ini semakin berlarut-larut pasti akan menimbulkan Penyakit.. dan sekali lagi kami mohon perhatiannya. Pak

    ReplyDelete


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts