Sulit Air Bersih, Warga Desa Sinar Dewa PALI Mandi Lumpur

PALI -- Kemarau panjang tahun 2019 ini sepertinya belum akan berakhir, imbasnya beberapa desa di wilayah Bumi Serepat Serasan alami kekeringan bahkan disebagian wilayah warganya sulit mendapatkan air bersih. Seperti terpantau di Desa Sinar Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sumur-sumur yang menjadi penampungan air bersih sebagian besar sudah kering. Kondisi itu memaksa warga memanfaatkan danau yang ada untuk keperluan mandi dan cuci meski debit airnya telah menyusut, warnanya pun keruh dan berbau karena bercampur lumpur.

"Sudah lama pak kami gunakan air lebung (danau) ini untuk mandi dan cuci. Meski keruh tapi tidak ada pilihan karena lebung ini yang masih ada airnya," ungkap Deti, warga setempat kepada media ini, Rabu (23/10).

Rasa gatal kerap terasa ketika usai mandi di danau tersebut, tetapi Deti akui bahwa hal itu sudah biasa dialaminya.

"Sudah biasa kalau gatal-gatal, karena bukan hanya air yang kami gunakan tapi sudah campur lumpur. Namun daripada kami tidak mandi, gatal itu kami tahan setiap hari," tukasnya.

Untuk minum, Deti menyebut masih ada satu sumur milik warga yang masih menyimpan cadangan air bersih. Tetapi untuk mendapatkan air bersih tersebut, terkadang warga harus antri bahkan kerap berebut.

"Bagi warga yang mampu, mereka bisa beli air isi ulang, namun yang tidak mampu terpaksa harus berebut air di sumur tersebut. Kami berharap Pemkab PALI untuk membantu penyaluran air bersih di desa kami, sebab selama kemarau tahun ini, belum ada bantuan padahal kondisi ini sudah lama terjadi," harap Deti.

Terpisah, Junaidi Anuar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI mengatakan bahwa pihaknya segera mengirim mobil tangki air.

"Saya sudah perintahkan petugas untuk mengirimkan air bersih memakai mobil tangki," singkat Junaidi. (sn)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts