Kemensos RI Turunkan Bantuan Untuk KAT Talang Sebetung, Ini Bentuknya

PALI -- Sebanyak 49 Kepala Keluarga (KK) yang ada pada Komunitas Adat Terpencil (KAT) Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI berupa bahan bangunan.

Pemberian bantuan tersebut diberikan pada kegiatan Bimbingan Sosial dan Motivasi secara terpadu warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) lokasi Talang Sebetung Desa Tempirai Selatan Kecamatan Penukal Utara di Aula Kantor Camat setempat oleh Direktorat Pemberdayaan KAT melalui perwakilannya, Ikhsan Nurdin didampingi perwakilan Dinsos provinsi Sumatera Selatan dan Plt Kepala Dinsos PALI, Metty Etika, Rabu (23/10).

"Kami berharap setelah bahan bangunan diterima untuk segera dibangunkan. Sebab, setelah selesai dibangun, bakal ada lagi bantuan-bantuan lainnya, seperti sarana air bersih, sanitasi, sarana ibadah, balai pemberdayaan, bantuan usaha dan lainnya," ungkap Ikhsan.

Dijelaskan Ikhsan bahwa warga Talang Sebetung patut bersyukur, karena Kemensos di tahun 2019 hanya membantu 2.500 KK, 49 KK diantaranya ada di Talang Sebetung.

"Hanya Talang Sebetung daerah yang mendapatkan bantuan ini di Provinsi Sumsel. Ini berkat komitmen Bupati PALI yang ditindaklanjuti Kemensos melalui beberapa tahapan. Dari tahap pemetaan sosial, kemudian direkomendasikan databasenya ke kementerian, selanjutnya penjajakan awal, lalu semiloka daerah yang menghasilkan 49 KK penerima bantuan ini lalu disampaikan pada Semiloka nasional yang pada akhirnya bantuan tersebut turun," beber Ikhsan.

Sementara itu, Agus Sunardi perwakilan Dinsos Provinsi Sumatera Selatan menjelaskan bahwa bantuan yang diterima warga KAT Talang Sebetung berupa bahan bangunan rumah. Untuk pekerjaan, dilakukan secara gotong royong.

"Bantuan KAT lain dari yang lain, sebab sengaja untuk membangkitkan kembali kearifan lokal yakni gotong royong. Kami berharap, bantuan itu secepatnya dibangunkan agar bantuan-bantuan lainnya cepat turun lagi. Dan kami bangga, karena hanya di PALI yang mendapat bantuan pemberdayaan KAT dua tahun berturut-turut," terang Agus.

Ditempat sama, Metty Etika Plt Kepala Dinsos PALI menyebut bahwa untuk menunjang pembangunan KAT, Bupati PALI telah menginstruksikan agar dilakukan lintas sektoral.

"Kalau ini sudah berjalan, nanti dari Dinas Pendidikan mungkin akan membangun PAUD atau membangun sarana pendidikan bagi warga setempat agar tidak buta huruf. Dinkes juga bakal membangun Pos kesehatan, jadi akan mempermudah warga untuk berobat," katanya.

Metty juga meminta agar seluruh warga KAT Talang Sebetung untuk menjaga kekompakannya agar bantuan berupa bahan bangunan rumah bisa cepat diselesaikan.

"Dengan gotong royong pekerjaan bisa mudah, dan tetap kompak agar program ini berjalan sukses," harap Metty. (sn)
Share:

1 komentar:

  1. Sedang mencari jual besi beton. kami menyediakan besi beton beragam jenis dan ukuran
    Mulai besi beton ulir dan besi beton polos

    BalasHapus

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts