Pages

Thursday, November 7, 2019

Dana Desa Untuk PALI Tahun 2020 Naik, Segini Besarannya

PALI -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyampaikan bahwa penyaluran Dana Desa (DD) untuk 65 desa yang ada di Bumi Serepat Serasan bakal naik pada tahun 2020 mendatang. Untuk besarannya, Kepala DPMD PALI, A Gani Akhmad menyebut sekitar 1 persen, yakni dari Rp 77 milyar akan naik di tahun 2020 sebesar Rp 78 milyar.

Meski hanya 1 persen, tetapi kenaikan tersebut sangat berarti dalam menunjang pembangunan terhadap desa-desa penerima DD.

"Diketahui bahwa PALI daerah baru yang tentunya masih banyak membutuhkan anggaran untuk membangun. Dengan adanya DD tentu banyak membantu percepatan pembangunan di wilayah Bumi Serepat Serasan, yang saat ini sudah terlihat dan sudah bisa dinikmati masyarakat," ungkap A Gani Ahmad, Kamis (7/11).

Dengan naiknya DD tahun depan, diharapkan A Gani bisa memaksimalkan pembangunan pada desa-desa penerima.

"Tentu untuk penggunaannya harus sesuai kebutuhan yang disetujui melalui musyawarah desa, dan dalam penggunaannya harus kita awasi bersama agar tidak terjadi penyalahgunaan," harapnya.

Sementara untuk pencairan DD tahun 2019, dijelaskan A Gani bakal disalurkan dalam minggu ini. "Kalau sudah lengkap administrasinya, insyaallah minggu ini cair," tukasnya.

Menghindari adanya permasalahan, karena saat ini ada 24 desa yang alami peralihan kepala desa, A Gani mengatakan bahwa pihaknya secara bertahap memanggil Kades dan mantan Kades untuk menyinkronkan data maupun mengumpulkan investaris desa.

"Kita pertemukan Kades baru dan mantan Kades agar tidak ada permasalahan apabila DD tahap akhir ini dicairkan," imbuhnya.

Namun dalam hal ini, A Gani menegaskan bakal menunda pencairan, karena adanya temuan inspektorat di beberapa desa.

"Apabila temuan itu ada kerugian negara dan belum mengembalikan ke kas negara, atau hal lainnya yang ditemukan Inspektorat, maka hal itu harus diselesaikan terlebih dahulu. Kalau belum diselesaikan, maka kami tidak akan mengeluarkan rekomendasi pencairan DD tahap akhir 2019," tandasnya. (sn)

0 komentar:

Post a Comment