Pages

Monday, November 4, 2019

Minim Sinyal, Dewan Pali Desak Kominfo Kembangkan Jaringan

PALI, SININEWS.COM - AnggotaDewan Perwalian Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Irwanto menginginkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PALI untuk tidak berdiam diri dalam menyikapi masih banyaknya masyarakat  di wilayah Bumi Serepat Serasan yang kesulitan berkomunikasi menggunakan selulernya akibat minim jaringan provider. 

"Seperti di wilayah Desa Muara Sungai, Raja Kecamatan Tanah Abang dan sekitarnya juga di wilayah Kecamatan Talang Ubi yang ada di pelosok, misal di Semangus dan Jerambah Besi. Wilayah tersebut signal seluler lemot, jangankan untuk internetan untuk menelphone saja terkadang putus-putus," ungkap Irwanto, Senin (5/11).

Untuk mengatasi permasalahan itu, Irwanto menyarankan Diskominfo untuk mencari solusi atau menggedor operator provider agar membangun tower di wilayah yang belum terjangkau jaringan seluler. 

"Kemajuan teknologi masih belum merata dirasakan masyarakat PALI, jadi kami harapkan Pemkab PALI melalui Kominfo untuk cari solusi," tandasnya. 

Sementara itu, Asrohi Kepala Diskominfo PALI melalui Kabid Telekomunikasi informasi dan Komunikasi, Bertha Hariyanto mengakui bahwa pihaknya sudah melaksanakan program internet gratis. 

"Tahun 2019 ini sudah kita lakukan pemasangan jaringan internet dibeberapa kecamatan, hanya saja difokuskan pada instansi-instansi. Kedepan sudah kita wacanakan internet untuk masuk desa. Jadi untuk jangkauan menyeluruh, kita lalukan bertahap," ujar Bertha. 

Untuk mengetahui wilayah mana yang masih belum tersentuh provider seluler, Bertha menyarankan kepada seluruh Camat untuk menginventarisasi wilayahnya untuk kemudian dijadikan prioritas pembangunan jaringan internet.

"Jadi kita bisa memetakan wilayah mana saja yang jaringan internet atau signal seluler lelet. Kemudian kita usulkan untuk mendapatkan bantuan pembangunan jaringan internet," terangnya

0 komentar:

Post a Comment