Pages

Monday, November 18, 2019

Pastikan Aman, PDAM Tirta PALI Uji Lab Air Sungai Lematang


foto. saat anggota dewan (Irwanto) mengecek air sungai Lematang



PALI -- Mengetahui air sungai Lematang tercemar yang dinyatakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) belum lama ini, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta PALI Anugerah bakal uji laboratorium air yang telah diproduksi. Lantaran, sumber air PDAM berasal dari sungai Lematang, yang nantinya intake PDAM berada di Desa Muara Sungai Kecamatan Tanah Abang.

Hal itu dikemukakan Puryadi, Direktur PDAM Tirta PALI Anugerah untuk mengetahui air produksi perusahaan tersebut aman digunakan pelanggan.

"Untuk menjawab apakah air dari kita aman digunakan, baik itu untuk dikonsumsi atau untuk keperluan mandi dan cuci, kita bakal uji laboratorium," ujar Puryadi, Senin (18/11).

Dijelaskan Puryadi bahwa langkah itu bertujuan agar air hasil produksi PDAM Tirta PALI ikut tercemar atau tidak.

"Kita tidak ingin ada kesangsian atau rasa was-was dialami pelanggan karena isu sungai Lematang tercemar. Hasil laboratorium akan kita umumkan, apakah aman atau ikut tercemar. Tetapi untuk saat ini air, sungai Lematang kita olah terlebih dahulu baru kemudian kita alirkan ke rumah-rumah pelanggan dan hingga saat ini belum terdengar keluhan terkait air yang kita hasilkan," jelasnya.

Langkah PDAM Tirta PALI Anugerah untuk menguji air hasil produksinya mendapat dukungan masyarakat, terutama warga Kecamatan Tanah Abang. Seperti diutarakan Aka Cholik Darlin, tokoh muda Lematang.

"Kita sepakat langkah yang dilakukan oleh PDAM Tirta PALI, dalam hal ini harus benar-benar diperhatikan karena menyangkut hidup orang banyak. Kita ketahui kecamatan Tanah Abang dan sebagian Kecamatan Talang Ubi menkonsumsi air PDAM yang bersumber dari sungai Lematang. Kami berharap semua pihak untuk benar-benar pastikan bahwa air Sungai Lematang aman di konsumsi serta meminta bantuan Pemprov untuk membentuk tim khusus masalah limbah PT TEL yang terindikasi mencemari sungai," jabar Aka Cholik. (sn) 

0 komentar:

Post a Comment