Pages

Thursday, November 28, 2019

Tangani Bencana, BPBD Standby 24 Jam

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim sudah melakukan persiapan guna mengantisipasi bencana di musim penghujan. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Muara Enim M Tasman, saat dihubungi, Kamis (28/11).

“Untuk penanggulangan bencana ada dua musim, yakni penanganan di musim kemarau dan musim penghujan,” ujarnya.

Musim penghujan pada fase normal, disebutnya, terjadi mulai Oktober hingga April. Namun pada tahun ini, penghujan mundur dimulai pada November. “Kalau normal ada tiga bencana yang berpotensi terjadi, yaitu bencana banjir, longsor, dan angin puting beliung,” jelas dia.

Adapun daerah rawan longsor, meliputi Kecamatan Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Ulu (SDU), Semende Darat Tengah (SDT), dan Tanjung Agung. “Sedangkan angin puting beliung, berdasarkan pengalaman berada di daerah Kecamatan Belimbing,” lanjutnya.

Kemudian, terkait kawasan banjir, antara lain Kecamatan Gunung Megang dan Ujan Mas. Namun apabila hujan dengan intensitas tinggi dan pada waktu yang lama, setiap daerah bantaran sungai juga rawan. “Untuk itu, kami selalu waspada di posko dan siap menerima serta meluncur ke lokasi selama 24 jam,” terangnya.

Menurutnya, setiap masyarakat sudah diberitahu dan diimbau untuk selalu waspada guna mengantisipasi setiap bencana. “Masyarakat sudah kami sosialisasikan dan apabila ada bencana bisa langsung menghubungi kita,” tukasnya.(SN)

0 komentar:

Post a Comment