Tingkatkan Budaya Membaca

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Muara Enim terus berupaya mengajak anak didiknya untuk meningkatkan budaya membaca buku. Terlebih lagi, madrasah telah memberikan fasilitas memadai berupa Perpustakaan yang lengkap dengan buku bacaannya.

Selain di jam istirahat, siswa-siswi MAN 1 Muara Enim diajak mengunjungi perpustakaan pada saat jam pelajaran kosong. Di perpustakaan itu, siswa bebas membaca buku apa saja, baik itu buku-buku mata pelajaran, novel maupun buku lain yang tersedia.

“Buku adalah salah satu tempat untuk memperoleh ilmu, oleh sebab itu, kita minta anak-anak untuk membaca buku. Dengan membaca buku, mudah-mudahan bisa mempermudah mereka saat menumpuh pendidikan lebih lanjut nantinya,” Sri Mulyani, S.Pd, Kepala Perpustakaan MAN 1 Muara Enim, Selasa (12/11).

Dengan membaca buku, lanjut Sri, akan menambah pengetahuan serta wawasan. Dari buku yang dibaca itu juga, bisa diambil hikmahnya yang kemudian dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. “Buku adalah gudang ilmu, oleh sebab itu selaku pelajar wajib untuk membaca buku agar dapat menambah wawasan,” sebut dia.

Dengan rajin membaca buku, juga menjadi tabungan untuk masa depan yang lebih baik nantinya. “Karena apabila dangkal ilmu, seseorang tidak akan bisa menjadi pintar,” kata Sri lagi.

Sebaliknya, jika ingin banyak ilmu, sudah sepatutnya membaca buku sebanyak mungkin. Lalu, ambil inti sari dalam buku tersebut untuk dijadikan motivasi maupun pembelajaran.

“Semua hal butuh proses, membaca buku adalah proses awal dalam tahap pembelajaran seseorang khususnya pelajar. Karena apabila tidak ada ilmu pengetahuan mungkin orang tidak bisa sukses. Untuk itu, madrasah selalu mengajak anak-anak agar memperbanyak membaca ilmu dan pelajari apa yang ada dalam buku tersebut,” imbuhnya.(SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts