Pages

Thursday, November 7, 2019

Wartawan Harus Miliki Kesadaran, Pengetahuan dan Kemampuan

PALEMBANG, SININEWS.COM - dasar yang harus dimiliki oleh seorang wartawan adalah awareness atau kesadaran. Ini sangat diperlukan guna menimbulkan dan membuat wartawan bisa lebih peka terhadap lingkungannya dan menciptakan karya karya jurnalistij yang baik. Hal ini disampaikan Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar dalam sambutannya saat membuka pelaksanaan Orientasi anggota PWI Sumsel yang ke VII, di hotel Amaris, Kamis (7/11).

Selain kesadaran, lanjut Firdaus, knowledge atau pengetahuan juga hal yang perlu dimiliki oleh seorang wartawan. Karena, tanpa pengetahuan, kita tidak memiliki referensi dan informasi yang akan kita gunakan dalam menuloslan suatu berita.

Terakhir, selain dua hal di atas, yang tak kalah penting, tegas Firdaus adalah skill atau kemampuan. Baik itu dalam membuat suatu tulisan dalam karya jurnalistik berupa berita, maupun kemamapuan dalam mengumpulkan data data yang dibutuhkan untuk menunjang pembuatan berita.

“Jadi, seorang wartawan dituntut untuk memahami dan memiliki hal hal itu. Karena, bila semua itu dimiliki maka diyakini seorang wartawan alan bisa menjalanlan tigasnya dengan baik dan bisa menjalanlan fungsinya di masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan itu, dalam orientasi anggota PWI kali ini, ada dua narasumber yang memberikan materi berupa pengetahuan mengenai dasar dasar jurnalistik serta kaedahnya oleh bapak Iman Hardiman, serta keorganisasian oleh Dewan Kehormatan Provinsi yakni bapak Kurnati Abdullah.

Dalam pelaksanaan orientasi ke VII ini, diikuti oleh 85 peserta dari kabupaten kota yang ada di Sumsel yakni, OKI, Prabumulih, Banyuasin, Muara Enim, Lahat, PALI, OKU Selatan, dan jumlah ini meningkat dari pelaksanaan sebelumnya.

Diharapkan, dari orientasi ini, para calon anggota mengerti betul mengenai apa itu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang merupakan organisasi profesi serta memmahami aturan serta kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistik sesuai undang undang.

0 komentar:

Post a Comment