Integrasi Program Pemerintah Daerah dan Kegiatan Akademis, apakah mungkin?

SININEWS.COM - Program One Kecamatan One Center of Entrepreneurship atau populer dengan OK OCE kerap menjadi buah bibir. Salah satu program OK OCE adalah pembinaan kewirausahaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang sudah diterapkan di DKI Jakarta salah satunya di Paguyuban UKM Raden Patah.

Jika kita berjalan di sekitar Jalan Raden Patah, Kebayoran Baru Jakarta Selatan akan terlihat jajaran pedagang kaki lima di sepanjang trotoar dengan jenis dagangan yang sangat variatif. Para pedagang ini menyediakan alternatif makan siang kepada warga di sekitar jalan tersebut, sepeti jamaah Masjid Agung Al Azhar, mahasiswa dan karyawan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), serta pegawai Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KEMENPUPR) dan PT. Telkom.

Paguyuban ini beranggotakan 74 UKM yang terdiri dari makanan, minuman, dan aksesoris yaituaneka minuman seduh dan kemasan, gorengan, kue cubit, sate padang, sate ayam, sop buah & jus, ayam bakar, mie ayam, bakso ayam, laksa betawi, nasi goreng, warteg ketoprak, gado-gado, nasi goreng, soto ayam, soto mie, rujak buah, ketupat sayur, nasi ayam penyet, nasi uduk, nasi gulai, es podeng, es kelapa, nasi gulai dan rames, indomie, roti bakar,  ayam goreng, dimsum, bubur ayam, siomay dan batagor,) pedagang aksesoris, pedagang pulsa, dan pedagang buku.

Jajaran pedagang tersebut mulanya menggunakan gerobak mereka masing-masing tanpa penataan yang jelas, jangankan penataan, pungutan yang diberikan kepada pedagang sama sekali tidak jelas, namun kini pedagang di Paguyuban UKM Raden Patah telah naik kelas. Etalase-etalase berjajar dengan rapi dilengkapi dengan fasilitas air yang mengalir di setiap outlet dagangan. Pembayaran iuran rutin bulanan mereka lakukan melalui Jakarta One Card atau kartu Jakone.

Tak hanya itu, para pedagang diberikan pelatihan dan pendampingan berkaitan dengan marketing bahkan keamanan dan ketahanan pangan secara berkala. Penilaian kebersihan dagangan juga rutin dilakukan untuk memonitoring dan mengevaluasi berjalannya program OK OCE.(SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts