Masih Ada 11 Warga PALI Idap HIV

Foto. Kepala Dinkes PALI


PALI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyebut masih ada 11 warga Bumi Serepat Serasan mengidap HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang merupakan virus yang bisa menyebabkan sebuah kondisi yang disebut AIDS.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinkes PALI, Mudakir Senin (2/12). Menurutnya, 11 warga tersebut tersebar di lima kecamatan.

"Kami lakukan pemantauan secara berkala terhadap penderita HIV. Dan penderita diwajibkan rutin melakukan kontrol ke Puskesmas terdekat terlebih obat habis, penderita harus mengambilnya di puskesmas," kata Mudakir.

Untuk pencegahan penyebaran HIV, Mudakir menyebutkan pihaknya menyiapkan layanan VCT atau voluntary counselling and testing atau bisa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS).

"Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT. Namun saat ini baru ada dua tempat yang melayani VCT, yakni di RSUD Talang Ubi dan Puskesmas Abab," terangnya.

Selain menyiapkan layanan VCT, penanggulangan HIV dijelaskan Mudakir melalui sosialisasi kemasyarakat terutama sekolah-sekolah.

"Kita punya target tahun 2030 PALI  bebas HIV, namun di tahun 2022 kita targetkan eliminasi HIV dari ibu ke anak. Untuk mencapai target tersebut kita gencar sosialisasi ke sekolah-sekolah," tutup Mudakir. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts