50 Santri Ponpes Latansa Mustika di Wisuda

PALI -- Pondok Pesantren (Ponpes) Latansa Mustika, di Jalan Merdeka, KM 10, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali melakukan wisuda terhadap 50 orang santrinya dari tingkat SD, SMP, SMA, paket A, B dan C dihalaman pondok pesantren modern tersebut, Senin (27/1).

Dikatakan Yaya Suryana, Pengasuh Ponpes Latansa Mustika bahwa santri yang diwisuda berbeda tingkatkannya, dan masing-masing tingkatan kemampuan tahfidznya juga berbeda. 

"Ada yang baru hafal beberapa surat, itu untuk tingkatan TK dan SD, namun kalau yang tingkat SMA sudah ada yang tahfidz sampai 5 juzz," ungkap Yaya.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada Ponpes Latansa, Yaya telah mendatangkan tenaga pengajar profesional dalam bidangnya masing-masing. 

"Seperti tenaga pengajar bahasa Arab dan Inggris ada 7 orang, itu dari Jakarta dan Jawa Barat. Begitu juga tenaga pengajar khusus tahfidz, didatangkan dari Ponpes Latansa Jakarta sebanyak 5 orang. Ini dilakukan agar santri lulusan Ponpes kita ini handal dan bermanfaat bagi masyarakat," tukasnya. 

Untuk target belajar tahfidz Qur'an di Ponpes Latansa, diakui Yaya bahwa apabila kemampuan santri itu mudah menangkap, maka dalam tempo waktu tiga bulan bisa hafal satu juzz. 

"Pola pendidikan di Ponpes kami sangat mudah namun tetap santri kita tekankan disiplin, jadi ada yang hafal satu juzz dalam waktu tiga bulan. Mereka (santri) memang tidak diperbolehkan menggunakan handphone namun agar tidak ketinggalan jaman, kita ada pelajaran Ilmu dan Teknologi (IT). Kita siapkan puluhan unit laptop dan komputer," terangnya.

Meskipun aturan Ponpes terbilang ketat, tetapi diungkapkan Yaya bahwa Ponpes tetap membuka komunikasi bagi santri dengan keluarganya, hanya saja waktunya bergiliran. 

"Bagi yang dekat, kita terbuka untuk menerima para orang tuanya untuk menjenguk anaknya di Ponpes kami, waktunya bebas asalkan jangan diajak keluar lokasi pondok bahkan diajak pulang. Ini kita lakukan agar anak didik disini tetap fokus belajar supaya lulusan Ponpes Latansa Mustika berkualitas," tutupnya. 

Pada kegiatan wisuda terhadap 50 santri dihadiri Bupati PALI yang diwakili Staff Ahli, Kusmayadi, Kepala Dinas Pendidikan dan para orangtua santri. Acara wisuda itu juga diisi tabligh akbar dengan penceramah KH Nurul Anwar Pegasuh RQM Jakarta. (sb) 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts