Antisipasi Teror, Pengunjung Pakai Katamsha Bila Kunjungi Polres

MUARA ENIM, SININEWS.COM -Maraknya kejadian penyerangan terhadap kantor kepolisisan di beberapa wilayah di Indonesia belakangan ini, dan untul mengantisipasi aksi terorisme di Kabupaten Muaraenim, Polres Muaraenim lakukan inovasi dengan memberikan Kartu Tamu Sabhara (Katamsha), Kamis (16/1)

Dari pantauan dilapangan, terlihat para pengunjung sangat tertib melapor ke penjagaan sebelum masuk ataupun akan keluar Mapolres Muaraenim. Sebagian besar pengunjung yang datang keperluannya adalah akan membuat SKCK dan besuk tahanan.

"Ini merupakan Inovasi kita, dan sudah berlaku sejak awal tahun 2020," kata Kapolres Muaraenim AKBP Afner Juwono melalui Kasat Sabhara AKP Toni Arman.

Menurut Toni, cara kerjanya yakni setiap pengunjung yang datang ke Mapolres Muaraenim akan langsung dilakukan pemeriksaan baik ditubuh maupun barang bawaan. Setelah steril, baru akan ditanya keperluannya, setelah tahu tujuannya baru akan diberikan Kartu Tamu Shabara dan pengunjung harus meninggalkan identitas diri seperti KTP. Setelah selesai urusannya dan pengunjung akan pulang, Kartu Tamu Shabara harus dikembalikan dan
KTP pengunjung baru dikembalikan.

Menurutnya, ada lima jenis kartu yakni Kartu Tamu Kapolres dan Wakapolres, Kartu Tamu Satreskrim, Kartu Tamu Satresnarkoba, Kartu Tamu Satintelkam dan Kartu Tamu Besuk Tahanan.

Tujuan Katamsha tersebut selain untuk meminimalisir aksi terorisme, juga untuk ketertiban administrasi dan memudahkan pengawasan. Dari semua kunjungan, yang paling banyak adalah tamu Satintelkam dimana itu melayani pembuatan SKCK terutama ketika ada pembukaan pendaftaran masuk Secaba TNI dan Polri.

Lanjut Toni, sebelumnya pihaknya juga sudah melakukan inovasi yakni pembentukan tim Trisula untuk menangani kejahatan jalanan. Selain itu  Yonsapranas yang merupakan latihan beladiri bersama TNI, Praja dan Diknas sebagai bentuk sinergritas. Dan terakhir Katamsha yakni Kartu Tamu untuk pengunjung guna mengantisipasi aksi teroris dan demi ketertiban.

Sementara menurut salah seorang pengunjung, Gite (30) warga Palembang, awalnya ia merasa ribet karena ditempat lain tidak seperti ini. Namun jika tujuannya memang untuk kebaikan, kenyamanan, keamanan dan ketertiban para pengunjung sebagai masyarakat akan mendukung. Dan berharap kedepan ditingkatkan dan dipermudah sehingga pengunjung cepat berurusan seperti tidak ada KTP mungkin bisa Kartu Indentitas lainnya, atau tidak ada sama sekali harus tetap bisa masyarakat berurusan, jangan sampai tidak ada Kartu Identitas masyarakat maka tidak bisa berurusan, sebab kita tidak tahu kondisi maayarakat ketika akan berurusan di Polres Muaraenim.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts