Pemkab Magetan Kepelet Datang ke PALI, Begini Alasannya

PALI -- Rencana pembukaan lahan transmigrasi di Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menjadi daya tarik daerah lain untuk mengirim warganya menjadi transmigran disana.

Sudah banyak daerah yang menjajaki kerjasama untuk mengirimkan warganya ke PALI meskipun bakal lokasi transmigrasi belum dibuka. Seperti kali ini, Pemerintah Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Tenaga Kerjanya mengecek langsung bakal lokasi transmigrasi, Rabu (22/1).

Hermawan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Magetan mengemukakan ketertarikannya untuk mengirim warganya bertransmigran ke PALI adalah letak Kabupaten PALI berada di Provinsi Sumatera Selatan yang tentunya jarak dari Magetan tidak terlalu jauh. 

"Pulau Sumatera merupakan pulau yang dekat dengan pulau jawa, hal itu menjadi salah satu ketertarikan kami. Namun kalau ke Aceh, rata-rata warga kita kurang berminat," kata Hermawan saat meninjau lokasi bakal transmigrasi.

Diharapkannya Pemkab PALI selaku tuan rumah bisa memberikan kuota untuk warganya mengisi lokasi transmigrasi di Desa Tempirai. 

"Setelah melihat langsung ke lokasi, kami lebih tertarik. Sebab setelah kami lakukan penjajakan ke beberapa daerah baru di PALI yang kesiapannya sudah begitu baik, dimana infrastruktur jalan dan sekolah sudah bagus. Kalau daerah lain tidak seperti ini. Untuk itu mudah-mudahan warga kami bisa diterima disini," harapnya. 

Hermawan juga menerangkan bahwa warga calon transmigran asal Magetan  telah dibekali keterampilan selain bertani, bahkan diakui Hermawan bahwa warganya yang bertransmigrasi bakal diberikan uang saku, listrik tenaga surya, traktor dan bakal dipantau sampai benar-benar berhasil. 

"Ada 35 KK yang siap bertransmigrasi, dan mudah-mudahan semuanya bisa diterima disini," pintanya.

Sementara itu, Usmandani, Kepala Disnakertrans PALI mengatakan bahwa tahap awal pembangunan lokasi transmigrasi bakal dibuka 900 hektar dan menampung 50 KK transmigran. 

"Tahun ini dimulai, pembukaan lahan transmigrasi. Pembagian transmigran 60:40. 60 persen untuk transmigran lokal dan 40 persen transmigran dari luar daerah. Memang sudah banyak daerah yang minat mengisi lokasi transmigrasi di PALI, namun nantinya kita laporkan ke Bupati terlebih dahulu," katanya. (sn)  


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts