Pages

Sunday, January 12, 2020

Ratusan Rumah di Curup PALI Terendam

PALI -- Curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Bumi Serepat Serasan akhir-akhir ini berimbas air sungai Lematang meluap. Akibat meluapnya sungai Lematang, sedikitnya 280 rumah di Desa Curup Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terendam.

Dikatakan Sunardi, salah satu warga setempat bahwa air masuk ke pemukiman penduduk sejak dua hari lalu.

"Banjir ini selain intensitas hujan yang tinggi juga kiriman dari Lahat yang belum lama ini terkena banjir bandang," kata Sunardi, Minggu (12/1).

Diakuinya bahwa kondisi banjir sudah biasa dialami warga Desa Curup. "Desa kami merupakan daerah paling rendah yang berada di sekitar sungai Lematang. Jadi apabila sungai Lematang meluap, desa kami yang pertama terendam. Dan kondisi banjir seperti ini biasa terjadi setiap tahun," tukasnya.

Sementara itu, M Tisar Kepala Desa Curup menyebut bahwa banjir kali ini masih belum seberapa dan aktivitas warga belum terganggu.

"Kondisi saat ini ada sekitar 280 rumah terendam, karena sebelah desa kami terimbas luapan sungai Lematang. Walau sudah masuk ke pemukiman penduduk, tapi banjir ini masih belum seberapa," ujar Kades.

Untuk atasi permasalahan yang setiap tahun dialami Desanya, Kades sudah ajukan surat permintaan pembuatan tanggul penahan dipinggiran sungai Lematang ke Pemkab PALI.

"Kami minta bangun tanggul langsung dibuat jalan diatasnya. Permintaan itu sudah kami sampaikan ke Bupati. Selain itu ditengah desa harus disodet agar air tidak menggenang. Kalau tahun ini tidak ada tanggapan dari Pemkab, kita bakal gunakan dana desa untuk bangun tanggul penahan tersebut, karena meski kami sudah terbiasa kebanjiran tetapi kami ingin terbebas dari masalah ini," tandas Kades. (sn) 

0 komentar:

Post a Comment