Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil PALI Gelar Sosialisasi Kebijakan Kependudukan

PALI -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar sosialisasi kebijakan kependudukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang inovatif, cepat akurat dan gratis dengan tujuan membahagiakan rakyat atau masyarakat, Rabu (12/2) di Kantor Camat Talang Ubi.

Pada kegiatan itu, Bupati PALI H Heri Amalindo diwakili Sekda PALI Syahron Nazil membuka secara resmi sosialisasi yang bakal digelar ke seluruh kecamatan di Kabupaten PALI. 

"Sosialisasi ini merupakan data dasar dalam penghitungan data bagi dinas lain untuk merencanakan suatu program. Artinya ini sangat penting bukan hanya untuk pendataan jumlah penduduk saja, melainkan juga penentu kebijakan pemerintah," ucap Sekda. 

Dan seiring perkembangan teknologi, dikatakan Sekda bahwa kedepan pelayanan kependudukan bakal berubah. 

"Suka tidak suka atau mau tidak mau masyarakat harus ikuti perkembangan. Sebab pelayanan administrasi kependudukan bakal menggunakan sistem website atau online. Untuk itulah, sosialisasi seperti ini sangat penting untuk pemahaman setiap perubahan sistem kebijakan dalam pelayanan. Dan kami berharap peserta sosialisasi ini bisa menyerap dan menyimak materi yang diberikan agar nantinya bisa disampaikan kepada masyarakat," pesan Sekda. 

Sementara itu, Rismaliza Kepala Disdukcapil PALI menjabarkan tujuan sosialisasi itu untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan aparatur pemerintahan dan juga masyarakat akan pentingnya meningkatkan sistem pelayanan tertib adminduk. Sebab dijelaskan Kepala Disdukcapil PALI bahwa banyak perubahan kebijakan sistem pelayanan yang Dilakukan Dukcapil.

"Agar semua elemen terkait bisa memahami kebijakan baru pada pelayanan adminduk. Seperti pencetakan Kartu Keluarga (KK)  baru yang saat ini tidak ditandatangani basah namun memakai tandatangan elektronik. KK itu tidak perlu lagi dilegalisir, karena bisa dicek keasliannya secara online," terang Rusmaliza.

Sosialisasi kebijakan kependudukan itu juga ditambahkan Rismaliza bakal dilakukan di seluruh kecamatan. 

"Talang Ubi menjadi kecamatan pertama digelarnya sosialisasi ini dengan peserta dari operator kecamatan, Kades, lurah dan tokoh masyarakat. Kami harapkan usai kegiatan ini, pelayanan dan tertib adminduk di Kabupaten PALI bisa terus meningkat," harapnya. (sn) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts