Pages

Sunday, March 1, 2020

796 Calon PPS Ikuti Tes Tertulis, Sunario Tegaskan Tidak Ada Istilah Titipan

PALI, SININEWS.COM - Jaring calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 71 Desa/kelurahan di wilayah Bumi Serepat Serasan dalam persiapan Persiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 23 September 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada Minggu (1/3) menggelar tes tertulis bagi pelamar yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Dimana ketika pembukaan penerimaan berkas pendaftaran calon PPS, ada 807 pelamar menyerahkan berkas pendaftaran, tetapi setelah verifikasi administrasi, 11 peserta gugur karena tidak memenuhi syarat, menyisakan 796 peserta yang harus mengikuti tahap selanjutnya.

Pada tes tertulis kali ini, lokasi yang dipilih KPUD PALI adalah gedung SMPN 1 Talang Ubi. Untuk menampung jumlah peserta ikuti tes tertulis, 25 ruang kelas dipakai untuk gelar tes yang dilakukan secara serentak.

Dikatakan Ketua KPUD PALI, Sunario SE  bahwa dari jumlah 796 peserta apabila tidak datang atau tidak ikuti tes tertulis maka secara otomatis dianggap gugur.

"Kita pilih yang terbaik dan memenuhi kriteria serta ikuti seluruh tahapan. Jadi kalau tidak datang pada tes tertulis ini, maka kami anggap gugur," tandas Sunario.

Pada tes tertulis itu, diungkapkan Sunario peserta diberi waktu 1 jam untuk menyelesaikan soal yang diberikan panitia.

"Soal atau pertanyaan yang harus diisi berbeda, jadi peserta tidak bisa mencontek satu sama lain. Untuk materi tes tertulis hasil dari koordinasi dengan KPU provinsi, hanya saja panitia seleksi memang dari KPUD PALI," ungkapnya.

Meski panitia seleksi dari KPUD PALI, namun ditegaskan Sunario bahwa tidak ada istilah titipan atau main mata antara panitia dan peserta.

"Kita jamin ini murni hasil kemampuan peserta itu sendiri. Jadi yang lolos nanti ditentukan dari peserta bersangkutan. Hasil tes tertulis bakal diumumkan tanggal 5-7 Maret 2020, dan bakal diambil 6 peserta yang lolos pada masing-masing desa/kelurahan untuk ikuti tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara yang bakal digelar pada tanggal 10-12 Maret 2020," terangnya.

Hasil akhir untuk calon PPS terpilih, disebutkan Sunario bakal dipilih 3 peserta untuk ditempatkan di masing-masing desa/kelurahan.

"Ada 71 desa/kelurahan, jadi untuk jumlah keseluruhan anggota PPS ada 213 orang, untuk masing-masing desa/kelurahan ditempatkan 3 orang anggota PPS. Harapan kami, dari awal tahapan seleksi PPS bisa berjalan lancar," harapnya.(sn)

0 komentar:

Post a Comment