Bergerak Bersama Lawan Corona, Kepala Inspektorat PALI Anjurkan Kades Gunakan Dana Desa Tanggulangi Covid-19

PALI -- Upaya pemerintah kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam memerangi penyebaran virus corona atau Covid-19 gencar dilakukan dengan berbagai cara. Selain melakukan penjagaan di seluruh pintu masuk Kabupaten PALI, juga seluruh OPD dan instansi digerakkan untuk mensosialisasikan pencegahan Covid-19 serta mensosialisasikan anjuran pemerintah agar mengurangi aktivitas di luar rumah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Seperti pada Senin (30/3), tim penanggulangan corona kecamatan Talang Ubi yang dipimpin kepala Inspektorat Kabupaten PALI, Kartika Yanti berkeliling ke desa Panta Dewa Dan Desa Karta Dewa Kecamatan Talang Ubi. 

"Kegiatan ini dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat agar mawas diri mencegah penyebaran Covid-19. Kami juga mengajak masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah agar warga PALI terhindar terpapar virus corona," ungkap Kartika. 

Dalam menyediakan alat pelindung diri (APD) untuk masyarakat, Kartika menyarankan para kepala desa untuk menggunakan dana desa dalam pengadaan APD seperti masker dan sanitizer atau penyemprotan disinfektan,  jangan hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah PALI. 

"Dari Dana Desa (DD) bisa digunakan untuk penanganan Covid-19. Sebab dari pusat sudah membolahkan penggunaan dana desa untuk tanggulangi virus corona. Apabila ragu atau takut menggunakan dana desa, silahkan berkoordinasi ke inspektorat dengan auditor kami," tandas Kartika. 

Pada kegiatan itu juga, tim gabungan yang terdiri dari seluruh OPD dan instansi membagikan brosur tentang pencegahan virus corona. 

Sementara dari perwakilan Dinas Kesehatan PALI menyarankan masyarakat apabila ada warga yang alami gejala batuk, pilek dan demam yang indikasinya mengarah terpapar Covid-19 agar jangan berobat ke Puskesmas atau rumah sakit tetapi segara hubungi Satgas penanganan Covid-19. 

"Silahkan hubungi PSC 119 Kabupaten PALI dengan call center 0811-7833-119. Ini untuk penanggulangan penyebaran virus corona," saran dari Dinkes.(sn) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts