Tidak Semua Warga Talang Pipa Menerima Untuk di Relokasi, Begini Alasannya

PALI, SININEWS.COM -- Warga Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang kerap terkena imbas banjir akibat luapan Sungai Abab kala musim penghujan rupanya ada sebagian Kepala Keluarga (KK) yang masih menolak tawaran Pemerintah Kabupaten PALI untuk direlokasi. 

Padahal rumah untuk ditempati warga yang jumlahnya 50 unit untuk 50 KK telah rampung sejak tahun 2019 lalu dan siap dihuni. Dimana lokasi perumahan untuk relokasi berada di wilayah Bandara Kelurahan Handayani Mulya. 

Tetapi meski rumah telah disiapkan, ada sebagian KK yang masih bertahan dirumah lamanya dengan berbagai alasan. 

Salah satunya diutarakan H Taufik, yang bermukim persis di bibir sungai Abab. Dia menolak untuk direlokasi dengan alasan bahwa rumah baru untuk keluarganya jauh lebih kecil dan dinilai tidak sebanding dengan luas tanah yang saat ini dia tempati. 

"Kalau bisa ganti duit saja untuk ganti rugi kami, jadi kami bisa tentukan kemana kami pindah. Sebab, banyak faktor kami enggan pindah ke rumah yang telah disiapkan pemerintah. Salah satunya jarak jauh sementara mata pencaharian kami disini juga anak-anak sekolah disini. Selain itu ukuran rumah kecil serta luas lahannya juga sempit," kata H Taufik. 

Sama halnya diutarakan Sumi, warga lainnya bahwa dengan lokasi komplek perumahan relokasi bagi warga Talang Pipa menyulitkan keluarganya untuk merubah nasib. 

"Kami hidup disini pak, dan mencari makan juga sini menjalankan usaha turun temurun orang tua kami. Rasanya berat meninggalkan tanah kelahiran kami terlebih harus beradaptasi dengan lingkungan baru yang jaraknya cukup jauh. Kondisi Talang Pipa dalam tiga tahun belakangan juga untuk masalah banjir sedikit berkurang setelah ada normalisasi di hilir sungai, dan mungkin saja apabila sungai Abab ini sudah keseluruhan di normalisasi, banjir tidak akan terjadi lagi di sini," jelasnya. 

Sementara itu, Hilmansyah, Plt Kepala Dinas Perkim Kabupaten PALI saat dihubungi media ini, Selasa (10/3) membenarkan belum keseluruhan warga Talang Pipa yang direlokasi untuk siap pindah. 

"Kita terus melakukan pendekatan terhadap warga yang belum mau pindah. Untuk perumahan, kami telah siapkan 50 unit dan siap huni, kalaupun ada sedikit kerusakan, bakal kami perbaiki. Dari 50 KK itu memang masih ada 17 KK yang masih bertahan, tapi tetap kami beri arahan dan masukan agar semua warga yang direlokasi bersedia pindah," terang Hilmansyah. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts