Lawan Corona, Bentor Pengangkut Sampah di PALI Beralih Fungsi

PALI -- Hampir seluruh desa yang ada di Bumi Serepat Serasan memanfaatkan aset yang ada dalam memerangi virus corona agar tidak masuk ke desanya. Salah satu yang dilakukan adalah menggunakan sepeda motor roda tiga yang biasa dipakai untuk pengangkut sampah untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke gang-gang pemukiman warga.  

Seperti contoh yang dilakukan Pemerintah Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Setiap satu minggu sekali selama wabah corona melanda, kendaraan roda tiga atau Bentor itu dipakai untuk menyemprotkan cairan disinfektan. 

"Untuk pemukiman warga, setiap hari kita lakukan penyemprotan dalam satu dusun. Di Babat ini ada 7 dusun, artinya bergiliran satu minggu sekali," ungkap Arie Meidiansyah, Kepala Desa Babat, Sabtu (11/4).

Disamping melakukan penyemprotan, Kades menyebut pihaknya telah membagikan ribuan masker dan menyebarkan tempat cuci tangan. 

"Ada 17 bak cuci tangan yang ditempatkan pada fasilitas umum. Seperti pasar 6 unit, mushola 6 unit dan sisanya di distribusikan ke desa persiapan. Untuk masker, kita dapat 250 lembar, disusul ada 1.855 lembar yang telah kita bagikan serta buatan PKK sendiri sebanyak 200 helai," terangnya. 

Diakuinya bahwa desa Babat juga mendirikan pos gugus tugas penanggulangan penyebaran Covid-19. Dan selama pos tersebut didirikan, pihak Desa mencatat ada 56 warga baru pulang mudik dari zona merah tetapi dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG) 

"OTG ada 56 warga, seluruhnya pemudik. Kita pantau dan menganjurkan untuk isolasi mandiri," imbuhnya. 

Sejak wabah corona melanda, Kades menyebut banyak warga desanya terdampak virus tersebut. 

"Kami telah mendata jumlah warga miskin baru terdampak corona dan telah diajukan ke Dinsos sebanyak 322 KK di luar penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Diharapkan semua data yang diajukan mendapat bantuan dari pemerintah serta kita berdoa dan berupaya agar wabah virus corona ini cepat berakhir," harap Arie Meidiansyah. (sn) 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts