Tidak Kalah Siaga, Pos Jaga Covid-19 Desa Ini Pantau Hilir Mudik Kendaraan Full 24 Jam

PALI -- Mewaspadai masuknya virus corona ke desanya, pemerintah desa Gunung Menang Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) seolah tidak ingin kecolongan. Meski telah ada pos jaga induk disetiap pintu masuk kabupaten PALI, tetapi desa ini tetap siaga penuh memantau dan menghentikan laju kendaraan setiap ada yang masuk ke desa tersebut. 

"Kami telah mencatat ada 111 warga yang baru mudik dari zona merah. Namun semua warga itu tidak ada gejala serta kesehatannya dalam batas normal. Data itu kami peroleh berkat kerja keras tim gugus tugas desa ini yang siang malam menjaga pintu masuk," ungkap Sayadi, Kades Gunung Menang melalui Sekdesnya, Akbar, Sabtu (11/4).

Diakui Akbar, pihak desa juga berkoordinasi dengan angkutan travel untuk memberitahukan apabila ada penumpangnya yang berasal dari wilayah zona merah. 

"Kami data setiap warga yang datang, kemudian kami cek kesehatannya lalu dianjurkan agar Isolasi mandiri bagi yang berasal dari zona merah. Jumlahnya hingga saat ini ada 111, mereka  dipantau setiap hari dan kita tekankan agar jangan berkeliaran," tukasnya. 

Dalam melindungi warganya, Sekdes menyebut bahwa Pemdes Gunung Menang telah menyebarkan 15 unit tempat cuci tangan, masker 70 lusin yang dibagikan langsung ke warganya secara door to door.

"Master itu kami peroleh dari membeli dan separuhnya lagi hasil karya PKK desa ini. Juga kita lakukan penyemprotan dalam satu minggu 2 kali penyemprotan ke seluruh wilayah desa. Untuk penyemprotan jalan dan gang-gang, kami pakai bentor," terang Sekdes. 

Selain pengawasan pada pintu masuk Desa Gunung Menang, Sekdes juga mengakui bahwa Pemdes setempat tak henti-henti mensosialisasikan ke masyarakat agar taat anjuran pemerintah dalam menghindari penyebaran virus corona. 

"Kita ajak masyarakat untuk rajin cuci tangan, kurangi aktivitas di luar rumah, mengkonsumsi makanan bergizi dan jaga lingkungan tetap bersih agar rantai penyebaran Covid-19 terputus," tandasnya. (sn) 




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts