Pemkab Muara Enim Siapkan Rp. 200 Miliar Dana Jaringan Pengaman Sosial

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Guna meringankan masyarakat yang terdampak dalam status siaga darurat bencana nonalam Covid-19, maka Pemkab. Muara Enim segera menyiapkan anggaran sebesar Rp. 200 miliar. Dana tersebut akan dibagikan dalam bentuk sembako kepada seluruh kepala keluarga (KK) di Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut disampaikan Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H dalam rapat kerja bersama jajarannya melalui video jarak jauh tadi siang (15/04). Menurut Juarsah, Sembako yang akan dibagikan bernilai Rp.200 ribu/KK yang antara lain terdiri dari 10 Kg beras, 1 botol besar kecap, masing-masing 1 Kg gula, garam, terigu dan minyak sayur.

Seluruh KK akan mendapatkan bantuan tersebut kecuali ASN, TNI, Polri dan karyawan atau warga berpenghasilan tetap diatas Rp. 2,5 juta. Seluruh data KK yang akan menerima bantuan di tiap-tiap kelurahan/desa se-Kabupaten Muara Enim sudah harus diserahkan oleh masing-masing camat kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Muara Enim besok pagi (15/04).

Plt. Bupati menambahkan bahwa Pemkab. Muara Enim akan semaksimal mungkin mengurangi beban bagi masyarakat yang terdampak, terkhusus bagi bagi yang kurang mampu atau berpenghasilan menengah kebawah.

Hal tersebut telah diatur dalam Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2020 dalam Rangka Penanganan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional pada 9 April 2020 lalu.

Sementara itu, Sekda Muara Enim, Ir. Hasanudin, M.Si menyampaikan bahwa dana tersebut merupakan realokasi maupun refocusing anggaran dari seluruh instansi. Kemudian mekanisme penyaluran akan disesuaikan pada kondisi masing-masing kecamatan.

Diharapkan pula seluruh instansi termasuk kecamatan untuk merasionalisasi atau penyesuaian target pendapatan dan belanja sekurang-kurangnya 50% guna refocusing anggaran Covid-19.
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts