Alhamdulillah, BLT di PALI Cair

PALI -- Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa (DD) tahun 2020 sudah siap diambil oleh penerimanya melalui bank SumselBabel.

Launching penyaluran BLT dibuka langsung Bupati PALI, H Heri Amalindo, Selasa (12/5) di kantor Bank SumselBabel Cabang Pendopo, disaksikan kepala cabang bank SumselBabel, kepala kejaksaan negeri PALI, Kapolres PALI, ketua DPRD PALI dan seluruh Camat serta perwakilan penerima BLT secara simbolis dari Desa Gunung Menang Kecamatan Penukal. 

Dikatakan A Gani Ahmad, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PALI bahwa setelah launching penyaluran BLT, warga penerima sudah bisa mengambil dana bantuan tersebut ke bank yang telah ditunjuk pemerintah. 
"Penerima berjumlah 11.731 keluarga. Jumlah itu sudah disahkan melalui musyawarah desa masing-masing. BLT diberikan selama tiga bulan, terhitung April, Mei dan Juni. Besaran yang diterima Rp 600.000/bulan tanpa dipotong pajak. Untuk penyaluran di seluruh outlet bank SumselBabel yang ada di Kabupaten PALI," terang A Gani. 

Dijelaskan A Gani bahwa kriteria penerima BLT-DD adalah keluarga miskin dengan sasaran keluarga miskin non PKH, BPNT, keluarga yang kehilangan mata pencaharian serta bagi keluarga yang rentan terkena penyakit menahun. 

"Mekanisme non tunai setiap bulan disalurkan ke masing-masing penerima. Relawan desa yang mendata dibawa ke melalui musyawarah desa kemudian dievaluasi dan ditetapkan. Untuk kelancaran pemberian BLT, mari kita sama-sama mengawalnya," tukas A Gani. 

Sementara itu, Bupati PALI berpesan kepada penerima agar memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan tersebut terutama untuk menjaga kesehatan agar bisa menangkal wabah corona. 

"Mulai hari ini juga sudah bisa diambil. Namun gunakan sebaik-baiknya. Kami juga meminta kesiapan pihak bank sumsel agar bisa melayani masyarakat penerima. Sebab penerima lebih dari 11 ribu, yang harus diantisipasi kesiapannya dalam menyalurkan BLT ini," pesan Bupati. 

Bupati juga berharap dengan bantuan tersebut masyarakat terbantu serta jangan ribut. 

"Kami juga meminta kepada kepolisian, kejaksaan, TNI serta pihak lainnya untuk mengawal penyaluran BLT ini agar jangan sampai ribut. Karena bantuan ini bertujuan meringankan kesulitan warga yang kurang mampu terdampak wabah corona," tandas Bupati. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts