Dinsos PALI Bantu Penunggu Rumah Pohon

PALI -- Muhamad Endang (67) yang saat ini masih tercatat warga Kabupaten Lahat yang mendiami rumah pohon di wilayah Kelurahan Pasar Bhayangkara RT 22/RW 05 Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) didatangi petugas dari Dinas Sosial Kabupaten PALI, Rabu (27/5).

Pria yang mengaku mempunyai anak dan istri di Lahat itu telah mendiami rumah pohon sudah sekitar tiga tahunan. Keberadaan pria tersebut bukan tanpa tujuan, tetapi Endang sebutan pria tersebut sengaja tinggal di rumah pohon tidak lain tengah menunggu dan merawat Ayuning, yang tak lain ibu kandungnya kelahiran tahun 1920 yang alami lumpuh akibat penyakit strok yang dideritanya sejak lama. 

Tentu saja, dengan adanya warga yang diam di rumah pohon, Dinsos PALI bergerak cepat dengan memberikan bantuan terhadap keluarga tersebut. 

"Kami berikan bantuan paket sembako. Dari data kami, keluarga itu pernah diajukan untuk mendapatkan bantuan bedah rumah. Namun kendalanya lahan yang ditinggali itu milik kerabatnya," ungkap Metty Etika, Plt Kepala Dinsos PALI. 

Diakui Metty bahwa Muhamad Endang masih tercatat warga Lahat, tetapi kalau Ayuning, yang tengah sakit warga Bhayangkara, namun kartu identitasnya hilang. 

"Setelah kita tanyakan, alasan pak Endang diam di rumah pohon karena rumah yang didiaminya sempit yang hanya bisa menampung ibunya (Ayuning). Meski demikian akan kita perhatikan ibunya yang Lansia dimana saat ini tengah sakit dan kita akan berkoordinasi dengan Dinkes," terangnya. 

Sementara itu Endang menjelaskan bahwa selama tiga tahun lebih mendiami rumah pohon, dirinya hanya mengandalkan pemberian anaknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Aku anak satu-satunya, jadi terpaksa aku yang merawat ibu. Aku tidak bisa meninggalkan ibu yang tengah sakit. Sengaja aku membuat rumah pohon disamping rumah yang ditinggali ibu karena rumah itu sempit. Untuk makan sehari-hari, ada anak aku yang tinggal di Pendopo ini yang setiap hari memberikan bahan makanan, tapi terkadang ada dermawan datang ke sini memberikan bantuan," ucap Endang. (sn) 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts