Plt. Bupati Instruksikan Dinas Terkait Normalisasi Persawahan Desa Siring Agung

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H, Sabtu  (02/05) meninjau lokasi tanah longsor dengan disertai banjir lumpur yang menerjang persawahan di Pauh Hijang, Desa Siring Agung, Kecamatan Semende Darat Ulu pada Jumat dini hari (01/05). 

Kejadian ini mengakibatkan 10 hektar sawah yang terdiri dari 35 petak milik 35 keluarga hancur tertimbun tanah dan dipastikan gagal panen.

Di lokasi kejadian, Plt. Bupati menginstruksikan Plt. Kadin PUPR yang turut serta mendampingi untuk segera menormalisasi area persawahan dan memperbaiki tanggul air yang hancur sehingga dapat mengaliri persawahan yang masih ada, termasuk membangun kembali jalan serta beberapa jembatan kecil yang hancur. 

Untuk pemulihan lahan persawahan, Plt. Bupati meminta Plt. Kadin Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) yang turut hadir di lokasi agar segera menginventarisir kerugian serta kebutuhan warga yang terdampak, tak lupa dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Longsor ini tidak hanya berdampak pada persawahan Desa Siring Agung saja, namun juga berimbas pada aliran air persawahan dan sumber air bersih di desa tetangga, yaitu Desa Aremantai dan Desa Pajarbulan. Kepada para warga yang terdampak dan gagal panen.

Plt. Bupati mengharapkan agar berbesar hati dan ikhlas menghadapi ujian ini. Ia meyakinkan bahwa Pemkab. Muara Enim akan membantu dan mendampingi warga untuk memulihkan kembali lahan persawahan.(sn)
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts