Bangun Posko Karhutla

Sebagai salah satu desa yang rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, Desa Talang Batu Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk pencegahan dan penanganan karhutla.

Nah, salah satunya dengan mendirikan pokso karhutla di dusun II. “Setia kemarau di desa kita memang sering terjadi kebakaran hutan, masuk rawan kebakaran. Jadi kita bangun gedung karhutla,” kata Kepala Desa Talang Batu Sahril Kanedi.

Selain posko karhutla kata Sahril, upaya penanganan karhutla juga sudah dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada petugas yang ditunjuk menjadi tim karhutla desa. “Untuk mobil desa kita ada, jadi bisa digunakan untuk mengangkut air,” tuturnya.

Lebih lanjut Sahril mengutarakan, kebakaran hutan di desa Talang batu terjadi karena faktor kelalaian. Sebab menurutnya, kebakaran sering terjadi akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengendara. “Harusnya dimatikan dulu baru dibuang, kalau kemarau terkadang puntung yang dibuang dijalan bisa hidup dan membakar hutan atau rumput yang kering,” tukasnya.

Untuk diketahui, Dana Desa (DD) tak semata diperuktukkan untuk pembangunan dan pemberdayaan saja. Melalui DD, Pemerintah Pusat juga menghimbau desa-desa untuk menganggarkan dana sosialisasi dan pelatihan antisipasi kebakaran lahan dan hutan (karhutla)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts