Marga Lawang Kidul Harus Tau Puyang Syekh Muhammad Ilyas

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Mengetahui sejarah mengenai asal usul dan perkembangan kehidupan masyarakat saat ini sudah jarang diminati dan diketahui oleh para kaum muda. Hal ini yang kadang membuat budaya dan sejarah menjadi terkikis, bahkan hilang ditelan waktu.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Lawang Kidul, upaya untuk kembali mengingatkan bahwa ada sejarah yang harus diketahui dan dijaga menjadi perhatian para penerus saat ini dengan dukungan pemuh dari pemerintah. 

Salah satu yang dilakukan adalah pemugaran makam Syekh Muhammad Ilyas Bin Abdullah Suryadiningrat, berdasarkan keterangan Kepala Sumbai Marga Lawang Kidul, yaitu Temenggung Aryaguna Dedi Sigarmanudin,syekh  berasal dari Pulau Pari, tanah Jawa. Beliau datang ke Lawang Kidul sekitar abad ke-13 untuk melakukan syiar dan menyebarkan agama Islam. 

Dari itu, sebagai bentuk penghargaan dan pelestarian nilai-nilai budaya serta sejarah masa lalu, Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H., beserta tokoh adat Kecamatan Lawang Kidul memulai peletakan batu pertama pemugaran makam Puyang Lawang Kidul di tepi Sungai Enim tepatnya di kawasan Bedeng Obak, Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Sabtu (28/06/2020).

Pemugaran ini diharapkan dapat memperkenalkan sejarah Marga Lawang Kidul kepada generasi penerus dan menjadikan salah satu obyek wisata sejarah religi khususnya di Tanjung Enim.

Plt. Bupati mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi inisiatif masyarakat Tanjung Enim dalam berswadaya memperelok makam yang memiliki nilai sejarah ini. 

“Saya berharap dengan keberadaan makam Puyang Lawang Kidul ini, maka kedepannya dapat menjadi salah satu tujuan wisata, khususnya wisata sejarah dan religi dalam mendukung program Tanjung Enim sebagai Kota Wisata Tambang yang juga sejalan dengan visi Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga, Plt. Bupati menyerahkan bantuan 50 sak semen dari Baznas Kabupaten Muara Enim dan juga menghimbau BUMN/BUMS/BUMD di Kabupaten Muara Enim, khususnya yang berada di Kecamatan Lawang Kidul untuk selalu berperan aktif membangun mewujudkan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata Tambang yang Merakyat. 

Turut hadir Plt. Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim, Kapolsek, Danramil, Kabag Kesra, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab. Muara Enim.
Share:

No comments:

Post a Comment


Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts