Ubah Kebiasaan, Dengan Lomba Desa Tangkal Covid

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Memasuki masa dimana saat ini kita dihadapakan dengan kebiasan baru serta aturan baru sesuai protokol kesehatan, tidak serta merta bisa membuat masyarakat langsung terbiasa dan sadar akan standar baru ini. Khususnya masyarakat pedesaan yang sudah terbiasa dengan rutinitas keseharian.

Untuk itu, untuk menimbulkan kesadran baru ini, khususnya masyarakat desa dengan kebiasaan baru, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa akan melaksanakan lomba Desa Tangkal Covid.

“Ini bukan hanya cermony atau hanya sekedar lomba, ini lebih untuk membuat masyarakat lebih peduli dan sadar akan kehidupan baru yang berpegang pada peotokol kesehatan seperti sering mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak,” Ujar Kepala Dinas PMD, Emran Tabrani, Kamis (18/06/2020).

Hal ini juga, lanjut Emran, sekaligus menjelaskan mengenai persepsi new normal (tatanan kehidupan baru). “Jadi agar mereka tau, bahwa new normal itu bukan kembali seperti saat keadaan sebelum pandemik, tapi lebih kepada cara baru sesuai protokol kesehatan,” terang Emran.

“Sempga ini menjadi satu gerakan yang masif. Selain itu juga bisa kembali menumbuhkan ekonomi yang saat ini sudah melemh terdampak pandemik,” tambahnya.

Untuk penilaian perlombaan, terang Emran, ada beberapa kriteria yang diperhatikan seperti kelengkapan standar protokol kesehatan di lingkungan umum, adanya posko covid, adanya relawan, pengamanan/siskamling, rumah isolasi untuk ODP. 

Sementara Bidang kesehatan meliputi perugas yang memiliki APD, melakukan penyemprotan disinfektan dan desinveksi. Kegiatan kesehatan kemasyarakatan harus berjalan, data penduduk diakibatkan covid, kesiapan fasilitas kesehatan di desa, ambulance siaga.

“Pesertanya tidak hanya 245 desa yang ada di Kabuoaten Muaa Enim, tapi juga kelurahan di wilayah Muara Enim. Sedangkan untuk penilaian akan dilaksanakan langsung ke lokasi dengan mengecek syarat syarat yang sudah kita tentukan,” pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts