Jelang Pilkada, KPU PALI Gelar Coklit Serentak

PALI -- Jelang Pilkada serentak yang rencananya pada 9 Desember 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) kepada calon pemilih. Coklit di Bumi Serepat Serasan ini dihadiri langsung Ketua KPU Provinsi Sumsel, Kelly Mariana. Dimana, Coklit ini juga digelar serentak secara nasional. 

Kelly Mariana, ketua KPU Sumsel mengatakan bahwa coklit ini dilakukan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Dimana, Komisioner KPU PALI bersama PPK, PPS dan PPDP menyebar melakukan Coklit di Lima kecamatan di Bumi Serepat Serasan. 

Meski begitu, coklit ini melakukan kegiatan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 membatasi peserta maksimal 50 orang. 

"Kita memonitoring coklit langsung di beberapa tempat agar semuanya bisa terpenuhi. Jadi, ada sampling, pertama Coklit di rumah Sekda sebagai perwakilan pemerintah. Kemudian kerumah Ketua Nasional untuk Disabilitas, tokoh masyarakat, kaum marginal dan tokoh adat di PALI," ungkap Kelly Marina didampingi Ketua KPU PALI, Sunario, Sabtu (18/7). 

Kelly memastikan dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diturunkan sebanyak 148,63 semuanya bisa terdata dan bisa memilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. 

"Jadi data itulah yang dicoklit dan disamakan dengan data DP4. Dilihat apakah ada penambahan atau pengurangan, misalnya anaknya ada yang sudah masuk TNI, Polri, atau usia anaknya bertambah. Sehingga menjadi pemilih pemula serta mungkin ada yang pindah domisili, baik dari luar maupun keluar PALI." jelasnya. 

Dari data itu, nantinya akan diproses dan diinput menjadi DPS. Supaya masyarakat juga bisa mengeceknya secara langsung apakah terdaftar sebagai pemilih atau tidak. "Harapannya pemilihan ini lebih baik dari pemilihan nasional sebelumnya." harapnya. (sn) 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts