Mantapkan Pengawasan Tahapan Pilkada, Panwascam Talang Ubi Kumpulkan Seluruh PKD

PALI -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Talang Ubi mengumpulkan seluruh Pengawas Kelurahan Desa (PKD) pada Kamis (23/7) untuk ikuti Bimbingan teknis penguatan kapasitas dalam penyusunan dan pemutakhiran data pemilih pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten PALI di RM Sejahtera.

Hairil ketua Panwaslu Kecamatan Talang Ubi mengatakan bahwa tujuan kegiatan Bimtek tersebut dalam rangka memantapkan langkah PKD dalam mengawasi proses pelaksanaan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih yang saat ini tengah dilaksanakan penyelenggara Pilkada.

"Tugas pengawas terlihat begitu mudah tapi pelaksanaannya sangat sulit. Untuk itu kita diharuskan tetap semangat, jaga kesehatan, setia tugas ketika ada kendala sampaikan ke panswascam agar kiranya tidak ada permasalahan yang tidak terpecahkan," terangnya.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bagian (Kabag) Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan Abdul Rahim, ketua Bawaslu PALI Heru Muharam dan divisi pengawasan Bawaslu PALI Iwan Dedi.

Pada sambutannya,Abdul Rohim menekankan kepada seluruh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) yang ada di Bumi Serepat Serasan harus mempunyai bekal dan wawasan lebih dalam melakukan tugasnya dan selalu berkoordinasi dengan Panwaslu kecamatan agar hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

Pasalnya menurut Abdul Rahim bahwa PKD merupakan ujung tombak dalam pengawasan pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati PALI yang akan digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

"PKD mempunyai posisi penting dalam pengawasan dan jadi ujung tombak, untuk itu perlu mempunyai bekal dan wawasan lebih agar yang kita awasi bisa menghindari kesalahan," ungkap Abdul Rohim.

Pada pelaksanaan pengawasan, ditambahkan Abdul Rahim bahwa PKD meski hanya satu orang dalam satu kelurahan atau desa sementara mengawasi PPDP lebih dari satu tetap harus optimal.

"Untuk peningkatan pengetahuan, kali ini ada Bimtek yang harapannya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Apabila ada permasalahan atau kendala jangan dipendam, tetapi koordinasikan dengan yang lebih tahu atau ke Panwascam," pesannya.

Ditempat sama, Ketua Bawaslu PALI H Heru Muharam yang membuka kegiatan tersebut menyatakan bahwa Panwascam Talang Ubi merupakan kecamatan terakhir yang menggelar Bimtek.

"Sebelumnya kita telah roadshow melakukan kegiatan Bimtek seperti ini ke kecamatan-kecamatan. Dengan kegiatan ini kami berharap seluruh peserta bisa mengikutinya dengan baik dalam menambah wawasan dalam pengawasan proses Pilkada di Bumi Serepat Serasan," harapnya. (sn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts