Satu Desa Masih Berstatus Tertinggal

PRABUMULIH – Dari 12 desa di Kota Prabumulih, hanya 1 desa masih menyandang status desa tertinggal.

Desa itu adalah Desa Rambang Senuling Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT). Status tersebut berdasarkan hasil penilaian IDM (indek Desa Membangun) yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) kota Prabumulih.

“Semua naik status jadi desa berkembang kecuali desa Rambang Senuling, nilainya belum mencukupi,” kata Kepala DPMD Akhmad Fauzan Akmal.

Kabid Pemdes Fatkhan Mubina menerangkan, masih ada kriteria penilaian di desa Rambang Senuling yang belum terpenuhi. Salah satunya fasilitas perekonomian. “Penunjang ekonominya masih rendah, salah satunya pasarnya belum ada,” ungkapnya.

Ia mengutarakan dalam penilaian terdapat penilaian IKE (Indek Ketahanan Ekonomi), IKL (Indek Ketahanan Lingkungan) dan IKS (Indek Ketahanan Sosial). “Ada sekitar 800 item yang harus diisi, dan dalam memasukkan data hanya dimasukkan dalam sistem jadi nilainya langsung keluar,” terangnya.

Terpisah Kepala Desa Rambang Senuling, mengakui desanya belum bisa naik status. Menurutnya, memang masih ada yang belum tepenuhi. “Kalau pasar sebetulnya ada tapi masih terbatas, tapi yang lain masih ada yang belum seperti jamban. Masih banyak yang belum punya WC sendiri karena masih menggunakan WC yang dibangun PNPM dulu,” tungkasnya.(SN)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts