Juarsah: Kehadiran Gubernur Jadi Motivasi Besar Petani

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi hal yang harus diperhatikan, untuk itu, peran pemerintah sangatlah penting dalam peningkatan perekonomian. Mengetahui potensi daerah menjadi kunci kesuksesan tersebut.

“Selain mengetahui potensi apa yang dimiliki daerah kita, pengelaolaan yang baik dan benar juga menjadi kunci mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, turun ke lapangan untuk mengetahuinya harus dilakukan,” hal ini dikatakan Gubernur Sumsel, Herman Deru dalam sambutannya pada Panen Raya di Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas, Kamis (20/08/2020).
Jika potensi yang dimiliki daerah tidak terkelola dengan baik, lanjut HD, maka pemimpinnya menjadi salah. Dan bila tidak dikelola, maka kita menapika pemberian dari tuhan. Ini jadi tanggung jawab kita. “Pembangunan tidak cukup hanya dengan selogan dan bicara, tapi masyarakat ingin bukti. Jadi mengelola potensi menjadi penting,” tegas HD.

HD mera senang bisa datang langsung ke Desa. “Ini menjadi sebuah kekuatan. tidak ada alasan bahwa pembangunan atau meningkatkan perekonomian masyrakat tertunda karena permasalahan keuangan,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah dalam sambutanya mengatakan, Gubernur yang datang langsung ke petani adalah sebagai bentuk penyemangat kepada petani menghadapi masa - masa sulit di tengah pandemi Covid-19.
“Hal yang luar biasa dirasakan langsung oleh para petani. Selain bantuan materil, dukungan moril dengan kedatangan ini juga merupakan hal yang dibutuhkan para petani,” ujarnya.

Plt. Bupati berharap, dari Panen Raya Padi Sawah IP200 (Ume Sele) ini menjadi modal Kabupaten Muara Enim untuk menjadi Kabupaten yang mampu menjadi lumbung nasional swasembada padi. “Ini salah satu potensi yang harus juga kami berikan perhatian besar sebagai pemerintah,” pungkasnya.

Tahun 2019 Sumatera Selatan merupakan Provinsi 5 Besar Provinsi Penghasil Pangan Nasional, kedepan diharapkan Provinsi Sumatera Selatan dapat menjadi 3 Besar Penghasil Pangan Nasional dari kepada para petani di Desa Pinang Belarik berupa 2 unit Corn Sheller, 4 unit Power Thresher, dan 2 unit Power Threser Multiguna.
Nantinya Gubernur akan memberikan bantuan mesin panen padi untuk Desa Pinang Belarik apabila dapat meningkatkan produksi padinya 4,9 ton gabah kering/hektar menjadi 6 ton/ hektar. Saat ini Desa Pinang Belarik, Kecamatan Ujan Mas memiliki sawah tadah hujan seluas 83 hektar dengan target produksi nasional di tahun 2020 ini sebesar 59,15 juta ton gabah.(Adv)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts