Penuhi Bahan Baku Kerajinan, TP.PKK PALI Bagikan Ribuan Batang Bibit Bambu dan Rotan

PALI -- Bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Tim Penggerak PKK (TP.PKK) Kabupaten PALI luncurkan Gerakan Perempuan Tanam Pelihara Pohon (GPTP) tahun 2020.

Gerakan yang diinisiasi ketua TP.PKK Kabupaten PALI, Ir Hj Sri Kustina digelar di kebun buah Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi, Rabu (19/8) di hadiri Bupati PALI H Heri Amalindo, mantan ketua DPRD PALI, H Soemarjono serta sejumlah kepala OPD dilingkungan Pemkab PALI. 

Pada kegiatan tersebut, TP.PKK PALI membagikan 2850 batang bibit rotan dan 2850 batang bibit bambu kepada 50 warga yang tergabung dalam kelompok tani.

"Kegiatan ini merupakan wujud komitmen perempuan PALI demi menjaga lingkungan kita, juga sebagai semangat serta motivasi membudayakan kehidupan masyarakat untuk gemar menanam dan memelihara tanaman," ungkap Hj Sri Kustina saat 

Dijelaskan Hj Sri Kustina bahwa manfaat menanam untuk menambah keasrian lingkungan.

"Tiap tahun kegiatan ini kita lakukan, agar lingkungan kita agar tetap terjaga. Pada kesempatan ini kami bagikan bibit bambu dan rotan supaya produktif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi agar bisa mengangkat perekonomian kita sebagai bahan baku kerajinan. Dua jenis tanaman itu juga sebagai bahan makanan, dimana bambu hasilkan rebung dan rotan hasilkan umbut," terang anggota Komisi II DPR-RI itu. 

Sementara itu Bupati PALI sekaligus ketua pembina TP.PKK PALI H Heri Amalindo menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang digagas PKK PALI. 

"Manfaat tanaman sangat banyak, salah satunya sebagai penghasil oksigen dan menyerap air hujan. Tentu saja gerakan ini harus kita dukung terlebih jenis tanaman bambu dan rotan bernilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku kerajinan," kata Bupati. (sn) 



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts