Ukur Kebugaran, Puluhan Polisi Lari Keliling Lapangan

MUARA ENIM, SININEWS.COM - Meskipun saat mendaftar menjadi anggota Kepolisian setiap personil diharuskan memiliki fisik yang prima, namun setelah beberapa tahun bertugas ada saja personil yang tidak sering melakukan olehraga untuk menjaga fisiknya.

Untuk mengukur kemampuan fisik para personilnya, Polres Muara Enim melakukan uji kemampuan, Kesamaptaan Jasmani Tahap II Tahun 2020 bagi anggotanya yang dilaksanakan di Stadion Sekundang Bara, Sabtu (15:08/2020) untuk mengetahui sejauh mana para personil siap dalam menjalankan tugas.

Dikatakan Kapolres Muara Enim AKBP Donni Eka Saputra, S.H., S.IK. MM, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur dan mengetahui tingkat kebugaran personel. Kegiatan ini menjadi sangat penting karena setiap personil Polri dituntut memiliki fisik yang prima dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari.

“Selain itu, kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini juga salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri antara lain persyaratan untuk mengikuti Sespim, Sespimma, Sekolah Inspektur Polisi dan Sekolah Alih Golongan serta merupakan salah satu syarat dalam pengusulan kenaikan pangkat,” ujar Kapolres.

Masih dikatakan AKBP Donni, Kegiatan ini di laksanakan sejak tanggal 10 - 14 Agustus 2020 dengan peserta seluruh personel Polres Muara Enim dan Polsek Jajaran Polres Muara Enim yang diagendakan setiap enam bulan sekali yang bertujuan untuk mengetahui secara umum tingkat kemampuan fisik personel disesuaikan dengan usia.

“Dan sebelum pelaksanaan tes Samapta, terlebih dahulu dilaksanakan cek tensi tekanan darah oleh seksi kesehatan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan seluruh personel bisa mengikuti samapta atau tidak, dan juga dilaksanakan pemanasan atau peregangan otot, karena apabila ada anggota yang tekanan darahnya tinggi tidak diperbolehkan mengikuti test Samapta untuk kejadian yang tidak diinginkan,” terangnya.

Adapun materi Tes kesamaptaan jasmani ini,lanjut AKBP Donni meliputi lari 12 menit, Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shutle Run. Hasil akhir dari pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani yang rutin ini akan terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh personel sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok Polri dengan baik.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan tes Kesamaptaan Jasmani ini dapat memotivasi para personel Polres Muara Enim untuk dapat menjaga fisiknya melalui pola hidup sehat serta rajin berolahraga," pungkasnya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers


Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts