Heri Amalindo Tidak Ikut Tes Kesehatan, KPU PALI: Bukan karena Covid-19

PALI.SININEWS.COM -- Pasca berkas pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan wakil bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dinyatakan lengkap, tahap berikutnya yang harus dilalui bakal pasangan calon adalah tes kesehatan yang digelar dua hari sejak Selasa (8/9) sampai Rabu (9/9) di Rumah Sakit Umum Pusat Muhamad Hoesin (RSUPMH).

Tetapi pada hari pertama tes kesehatan yang meliputi psikotes dan tes narkoba di BNN, salah satu bakal pasangan calon H Heri Amalindo-Soemarjono, calon bupati Heri Amalindo tidak hadir. Hanya dihadiri calon Wabupnya saja. 

Ketidakhadiran Heri Amalindo pada tes kesehatan hari pertama dijelaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten PALI bahwa Heri Amalindo tengah sakit dan saat ini sedang dalam perawatan di RSUPMH Palembang.

"Heri Amalindo bukan karena covid-19, lantaran hasil swab tes dari BBLK Palembang sudah keluar dan hasilnya negatif. Namun sebelum tes kesehatan, kami terima surat resmi yang menyatakan bahwa Heri Amalindo tengah di rawat di RSMH. Dari keterangan dokter, beliau terkena asam lambung," ungkap Sunario SE, ketua KPU PALI, Selasa (8/9).

Meski tidak ikut tes kesehatan saat ini, Sunario menjelaskan bahwa paslon Heri Amalindo-Soemarjono tidak serta merta gugur. Lantaran bisa menyusul bersamaan dengan tes kesehatan Paslon dari Kabupaten OKU Dan OKU Selatan. 

"Masih ada waktu hingga tanggal 22 September 2020. Kalau sampai tanggal tersebut, Heri Amalindo masih sakit dan tidak ikuti tes kesehatan, maka kami akan koordinasi dengan KPU pusat untuk mengambil langkah berikutnya," terang Sunario. 

Sementara itu, Heru Muharam ketua Bawaslu PALI menyatakan bahwa pihaknya terus mengawal jalannya tes kesehatan bahkan akan ikut melakukan verifikasi ijazah bakal calon dan verifikasi berkas B1 KWK ke DPP parpol pengusung. 

"Kita ingin berkas pendaftaran bakal Paslon valid, untuk itu kita kawal dan awasi setiap tahapan sampai penetapan dan pengumuman. Bahkan hingga Pilkada usai untuk memastikan pilkada di PALI berjalan jujur dan adil," ucap ketua Bawaslu PALI. (sn/perry)
Share:

No comments:

Post a Comment



Youtube SiniNews

Facebook SINI News

Followers

Subscribers


Postingan Populer

Blog Archive

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts