Pertama di Indonesia, Bawaslu PALI Launching Jaga Pemilu

PALI - SININEWS.COM -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) gelar Launching Jaga Pemilu dengan bersepeda keliling, rutenya mengambil start dan finish di halaman sekretariat Bawaslu PALI, Jumat (11/9).
Kegiatan itu langsung dihadiri Sekretaris Jenderal Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro, ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto, Wakapolres PALI, Kompol Rizvy dan peserta Gowes dari jaringan keluarga pesepeda Bawaslu PALI juga Bupati PALI melalui Assisten II Husman Gumanti.
Menurut Sekjen Bawaslu RI bahwa PALI merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang menggelar launching Jaga Pemilu.
"Kata Jaga adalah kepanjangan dari jaringan keluarga, yang artinya Bawaslu bukan hanya berfungsi sebagai pengawas dan penegak hukum pemilu, tetapi juga menjaga jaringan sampai ke keluarga.
Baru ada 4 provinsi yang menggelar launching ini, dan PALI merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang launching Jaga Pemilu bersama jaringan keluarga pesepeda," ungkap Sekjen Bawaslu RI.

Dipilihnya bersepeda dikemukakan Gunawan Suswantoro untuk mengajak penyelenggara pemilu dalam menjaga imunitas.
"Terlebih dalam masa pandemi corona ini, penyelenggara disamping menjaga integritas juga harus sehat. Karena kalau tidak sehat akan berpengaruh pada partisipasi pemilih dan mengurangi kepercayaan publik. Dan tujuan utama kegiatan ini adalah mengajak masyarakat berperan dalam mengawasi jalannya tahapan Pilkada di PALI," terangnya.
Sementara itu, ketua Bawaslu PALI Heru Muharam melalui Basrul SAP anggota Bawaslu PALI menyebut bahwa pihaknya membatasi peserta guna menerapkan protokol kesehatan sesuai standar covid-19.
"Peserta sengaja kita batasi hanya 50 orang. Sebab pada masa pandemi corona ini kita upayakan tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan untuk menghindari penyebaran covid-19.
Meski demikian, giat ini diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat untuk ikut mengawasi setiap proses tahapan Pilkada agar Pilkada PALI berjalan lancar, aman, jujur dan adil serta berintegritas," harap Basrul SAP. (perry/ril)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts