Sejahterakan Hidup Rakyat Melalui Transformasi Pertanian

INDRALAYA--Sebagian besar warga masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI) menggantungkan hidup dari bertani di atas lahan persawahan. Namun selama bertahun-tahun para petani di Ogan Ilir rata-rata hidup dibawah garis kemiskinan. Beranjak dari situ, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam berencana pada anggaran 2021 mendatang mencanangkan program transformasi pertanian. Program transformasi pertanian dilakukan dengan cara membuka lahan tidur menjadi lahan pertanian sawah. Dimana, pengelolaannya mulai dari bercocok tanam, pemeliharaan hingga panen semuanya dilakukan dengan menerapkan teknologi mesin pertanian. Ini disampaikan langsung oleh Bupati OI HM Ilyas Panji Alam, Kamis (17/9) saat menghadiri acara panen raya padi di Desa Pematang Bangsal Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten OI. 

Dikatakan Bupati HM Ilyas, dengan adanya panen raya bersama masyarakat ini, semoga dapat menjalin sinergi dan silaturahmi antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Kecamatan Pemulutan Selatan. Kedepan, Pemkab OI akan menjalankan program unggulan transformasi pertanian. "Dimana Transformasi Pertanian merupakan satu dari sekian banyak program unggulan yang dilakukan, dan mudah-mudahan dengan adanya program transformasi pertanian ini bisa mengurangi angka penganguran. Sehingga dapat mensejahterakan hidup masyarakat Ogan Ilir," kata Bupati OI.

Dikatakan Bupati OI, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat dari program Transformasi Pertanian ini, program pertanian ini akan mengubah cara berfikir para petani dari petani konvensional menuju petani entrepreneur, dan Pemkab OI akan memfasilitasi penuh apa yang dibutuhkan masyarakat mulai dari pengadaan bibit hingga pupuk. "Benih, pupuk, dan keperluan lainnya akan diberikan oleh pemerintah. Masyarakat hanya menyiapkan lahan saja, sedangkan hasilnya akan diberikan sepenuhnya kepada masyarakat itu sendiri. Tanaman yang akan ditanam berupa padi, cabe, singkong, jagung ataupun tanaman yang bisa menghasilkan 1 sampai 3 kali panen dalam setahun," ucap Bupati HM Ilyas.(Ber)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SINI NEWS YOUTUBE CHANNEL

Facebook SINI News

Pengikut

Subscribers

Postingan Populer

Arsip Blog

Comments

Berita Utama

sitemap

Recent Posts